Bersua Jepang dan Australia di Ronde Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Respons Erick Thohir

Bersua Jepang dan Australia di Ronde Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Respons Erick Thohir

Olahraga | palembang.inews.id | Kamis, 27 Juni 2024 - 20:40
share

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, Tim Nasional (Timnas) Indonesia siap memberi kemampuan terbaik pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia.

Seperti diketahui, bahwa hasil drawing babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia yang digelar AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024), Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Jepang, Australia, Saudi Arabia, Bahrain, dan Tiongkok.

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan,” ujar dia di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Erick mencontohkan, tim seperti Austria dan Georgia pada gelaran Piala Eropa 2024 yang lagi berlangsung ini, yang bisa memberikan perlawanan terhadap tim-tim besar Eropa. Berkaca dari hal itu, maka Erick meminta kepada para pemain timnas untuk mempersiapkan diri setelah undian ini diumumkan.

“Itulah mengapa kami (PSSI) mengatur dengan Liga untuk jadwal hingga tiga tahun ke depan, agar agenda persiapan timnas dan pemainnya ke kualifikasi Piala Dunia bisa saling sinergi,” kata dia.

Kemudian, Menteri BUMN itu juga meminta pemilik klub untuk mendukung pemain timnas yang ada di klub mereka, agar memberi jam bermain lebih banyak.

“Agar ketajaman, kematangan, dan skill pemain tersebut meningkat selama berkompetisi dan berujung pada peningkatan performa ketika membela timnas,” kata dia.

Erick mengungkapkan, PSSI dan Liga sudah memberi fleksibilitas ke klub terkait boleh mengontrak delapan pemain asing, dengan enam bisa bermain dan dua cadangan.

“Kebijakan itu jangan langsung mematikan jam bermain para pemain timnas di klub tersebut. Pemain berstatus timnas tetap harus dapat prioritas karena ujungnya meningkatkan kualitas skuad timnas," ungkap dia.

Jelang babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia ini, Erick menegaskan, PSSI sudah menyusun persiapan terbaik, yang salah satunya akan memanggil pemain yang bangga membela Indonesia di kancah internasional.

“Saya harap empat hari sebelum pertandingan kualifikasi para pemain sudah bergabung sehingga pelatih dan pemain punya waktu lebih banyak dalam mempersiapkan tim. Jadi tidak ada alasan lagi. Kita ingin yang terbaik untuk kesempatan emas ini,” tegas dia.

Pada fase ronde tiga ini, juara dan runner-up grup atau enam negara akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Peringkat 3 dan 4 grup akan ikut babak keempat. Babak keempat akan dibagi dua grup, juara grup langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sehingga total sudah delapan wakil Asia yang lolos.

Asia masih dapat menambah satu lagi menjadi sembilan wakil, yakni runner up babak keempat akan diadu. Pemenangnya akan melakoni laga playoff dengan perwakilan dari benua lain. Pemenangnya lolos ke Piala Dunia 2026. Jika yang menang wakil Asia maka ada sembilan wakil Asia di Piala Dunia 2026.

Hasil undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Grup A: Iran; Qatar; Uzbekistan; Uni Emirat Arab; Kirgizstan; Korea Utara

Grup B: Korea Selatan; Irak; Yordania; Oman; Palestina; Kuwait

Grup C: Jepang; Australia; Saudi Arabia; Bahrain; Tiongkok; Indonesia

Topik Menarik