Sederet Fakta Menarik Ernando Ari: Kiper Timnas Indonesia yang Jadi Perbincangan

Sederet Fakta Menarik Ernando Ari: Kiper Timnas Indonesia yang Jadi Perbincangan

Olahraga | pandeglang.inews.id | Jum'at, 7 Juni 2024 - 20:00
share

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Fakta menarik Ernando Ari akan diulas berikut ini. Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari, menjadi perbincangan usai melakukan blunder fatal di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia melawan Irak, pada Kamis (7/6/2024). Meskipun demikian, di balik insiden tersebut, Ernando memiliki sejumlah prestasi dan cerita menarik yang patut dicatat.

Pada menit ke-88, Ernando mendapatkan umpan dari Asnawi Mangkualam. Namun, meskipun memiliki peluang untuk memperdaya dua pemain Irak, Mohammad Ali Khadim dan Ali Jassim, kiper bernomor punggung 21 tersebut tidak mampu mengontrol bola dengan baik. Akibatnya, Ali Jassim merebut bola dan mencetak gol yang membuat Irak berhasil membawa pulang tiga poin dengan kemenangan atas Indonesia 0-2.

Tambahan tiga poin tersebut membuat skuad Singa Mesopotamia semakin kokoh di puncak klasemen Grup F dengan raihan 15 poin. Sementara itu, Timnas Indonesia tetap berada di peringkat kedua dengan 7 poin. Mereka akan melakoni laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina pada Selasa (11/6/2024).

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Ernando Ari yang bisa menjadi perhatian publik:

1. Pernah Ditolak Gabung PSIS Semarang : Ernando Ari, yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, bermimpi untuk membela klub sepak bola kelahirannya, PSIS Semarang. Namun, mimpinya itu terhenti setelah PSIS menolaknya karena kuota pemain telah terpenuhi. Akhirnya, Persebaya Surabaya yang membutuhkan kiper muda langsung menggaet Ernando.

2. Juara Liga 1 U - 20 Bersama Persebaya Surabaya : Sebelum bergabung dengan tim senior, Ernando meraih prestasi bersama Persebaya Surabaya U-20. Dia membawa timnya meraih juara di Liga 1 U-20 pada musim 2020.

3. Juara Piala AFF U-16 2018 : Ernando Ari Sutaryadi menjadi bagian skuad Timnas Indonesia U-16 yang memenangkan Piala AFF U-16 2018. Gelar juara itu didapat setelah Indonesia menang adu penalti kontra Thailand.

4. Kiper Andalan di Piala Asia U - 23 2024 : Pelatih Shin Tae-yong mengandalkan Ernando sebagai kiper utama di ajang Piala Asia U-23 2024. Kiper Persebaya Surabaya itu membawa skuad Garuda Muda lolos hingga babak semifinal.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk memahami lebih banyak tentang Ernando Ari.

Topik Menarik