19 Peserta Ikuti Seleksi O2SN Karate Tingkat SMP Yang Digelar Disdik dan Forki Grobogan

19 Peserta Ikuti Seleksi O2SN Karate Tingkat SMP Yang Digelar Disdik dan Forki Grobogan

Olahraga | muria.inews.id | Selasa, 4 Juni 2024 - 17:11
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga (cabor) karate untuk tingkat SMP se Kabupaten Grobogan di gelar Selasa (4/6/2024).

Penyelenggara seleksi O2SN karate adalah Dinas Pendidikan dan FORKI Kabupaten Grobogan. Kegiatan digelar di Aula Ki Hajar Dewantara kompleks SMAN 1 Purwodadi, Grobogan.

“Ada 19 peserta terdiri dari 8 peserta putra dan 11 peserta putri yang mengikuti seleksi O2SN cabor karate,” ujar Ketua Panpel seleksi O2SN cabor karate, Sugiyanto.

Menurut Sugiyanto, dalam seleksi O2SN cabor karate, ada dua tantangan yang harus dihadapi peserta. Yakni harus menguasai kelas kata juga kelas kumitte. 

Diakui Sugiyanto penguasaan kelas kata dan kumitte memang agak berat dalam O2SN cabor karate tersebut. Karena selama ini Kabupaten Grobogan dikenal sebagai penakluk kelas kumitte. 

“Yang terpilih dalam seleksi O2SN cabor karate ini adalah satu putri dan satu putra berdasarkan akumulasi nilai dari kelas kata dan kumitte ini,” jelas Sugiyanto. 

Karena satu peserta harus bisa menguasai dua kelas yakni kata dan kumitte, sambung Sugiyanto, maka nantinya yang terpilih dalam latihan difokuskan pada kelas itu semaksimal mungkin.

Dalam penilaian lanjut Sugiyanto, apabila ada poin yang sama maka akan dipertandingkan ulang. Nantinya yang terpilih akan mewakili Kabupaten Grobogan di Porprov Jateng 2024 akhir Juni tahun ini.

Mengenai target dari kontingen Grobogan untuk cabor karate di Porprov Jateng 2024, Sugiyanto mengatakan, pihaknya tidak muluk-muluk. Mengingat kabupaten lain juga memiliki potensi lebih. 

Kendati demikian, Forki Grobogan dan Disdik terus mengupayakan untuk tetap latihan rutin seminggu tiga kali. Lokasi bisa di SMAN 1 Purwodadi atau di Alun-Alun Purwodadi serta di Do Jo Triyoso. 

“Latihan tersebut diharapkan membuat para karateka siap bertanding di tingkat Porprov Jateng 2024,” tegas Sugiyanto. (*)

Topik Menarik