AFC Rilis Ranking Kompetisi di Asia, Liga Indonesia Jauh di Bawah Liga Thailand dan Malaysia

AFC Rilis Ranking Kompetisi di Asia, Liga Indonesia Jauh di Bawah Liga Thailand dan Malaysia

Olahraga | inews | Selasa, 28 Mei 2024 - 05:01
share

JAKARTA, iNews.id- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja merilis ranking kompetisi liga se-Asia. Ternyata Liga Indonesia tertinggal jauh dari kompetisi di negara tetangga.

Dikutip dari akun Instagram resmi AFC @theafcub, dilihat Senin (27/5/2024). Liga Indonesia berada di peringkat 28. Indonesia mendapat poin 14,8.

Liga Indonesia di Bawah liga di lima negara ASEAN. Indonesia jauh di Bawah Liga Thailand yang menduduki peringkat 8 se-Asia.

Lalu Liga Malaysia di peringkat 12, Liga Vietnam di peringkat 14. Lalu Liga Indonesia juga di Bawah Liga Singapura dan Liga Filipina.

Bahkan Liga Bangladesh pun nilainya jauh lebih tinggi dari Indonesia. Liga Bangladesh berada di peringkat 24.

Sementara, lima besar liga terbaik di Asia diisi kompetisi dari negara yang sepak bolanya kuat. Nomor 1 ada Liga Arab Saudi, kedua Liga Jepang, ketiga Liga Korea Selatan, keempat Liga Uni Emirat Arab dan kelima ada Liga Qatar.

Tentu ini bisa jadi motivasi PSSI dan PT LIB untuk terus meningkatkan kualitas liga domestik. Sebab, poin ini sangat berpengaruh kepad slot wakil Indonesia di kompetisi antar klub di benua Asia.

Jika masih berada di Bawah maka kesempatan klub-klub Indonesia untuk berlaga di kompetisi tertinggi benua Asia yakni Liga Champions Asia sangat kecil. Hingga saat ini, Arema jadi klub Indonesia terakhir yang berlaga di penyisihan grup Liga Champions Asia.

Arema berlaga di Liga Champions Asia pada 2011. Sejak saat itu tak ada lagi klub Indonesia yang bisa bersaing masuk di Liga Champions Asia.

Topik Menarik