Gunung Marapi Kembali Semburkan Abu Setinggi 2 Kilometer

Gunung Marapi Kembali Semburkan Abu Setinggi 2 Kilometer

Terkini | okezone | Minggu, 27 Oktober 2024 - 10:27
share

PADANG - Pos Pengamat Gunung Api, Gunung Marapi di Sumatera Barat pada pukul 09.56 WIB, melaporkan kembali terjadi erupsi dengan ketinggian 2.000 meter atau 2 kilometer dari kawah gunung.

Meletusnya gunung tersebut, diingatkan dibagian barat laut gunung tersebut untuk berjaga memakai masker. 

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 1.8 mm dan durasi  59 detik,” tulisnya, Minggu (27/10/2024).

Saat ini Gunung tersebut sudah turun status dari siaga turun menjadi waspada, namun sudah dua hari in gunung tersebut berfluktuatif.

 

Masyarakat juga diingatkan untuk tidak mendekati kawah radius tiga kilometer. Selain itu warga yang tinggal di di bantaran dan hulu sungai berpuncak di Marapi untuk tetap waspada. Ini dilakukan agar tidak terjadi lagi korban banjir bandang akibat tumpukan material gunung dari hulu sungai.

Belum ada laporan dari pihak berwenang, dampak dari erupsi tersebut, baik itu korban jiwa dan kerusakan. Namun pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memperingatkan untuk tetap memakai masker di kawasan yang terpapar abu vulkanik.

Topik Menarik