Dihantam Gelombang, 4 Penumpang Kapal Jolloro Terlempar ke Laut

Dihantam Gelombang, 4 Penumpang Kapal Jolloro Terlempar ke Laut

Terkini | okezone | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 00:04
share

MAKASSAR - Nasib tragis dialami kapal tradisional jenis Jolloro yang mengangkut empat penumpang rute Pulau Kodingareng - Dermaga Kayu Bangkoa, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (25/10/2024). 

Saat kapal melintasi Pulau Samalona di bagian selatan, cuaca tiba-tiba berubah buruk hingga membuat gelombang besar di wilayah itu. 

Kapal yang mengangkut 4 orang itu pun oleng dan tenggelam usai dihantam gelombang. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Muhammad Arif Anwar menyebutkan, informasi yang diperoleh pada pukul 12.30 Wita dikabarkan kapal telah dihantam gelombang laut yang cukup tinggi hingga menyebabkan seluruh penumpang terlempar keluar dari perahu.

"Tim rescue Basarnas Makassar bersama dengan tim SAR gabungan segera melakukan pencarian menggunakan Rigid Bouyancy Boat (RBB) di lokasi kecelakaan kapal," ujarnya, Jumat (25/10/2024). 

Arif Anwar  mengatakan bahwa perahu jolloro ini membawa 4 orang penumpang dalam rute perjalanannya dari Pulau Kodingareng menuju ke Dermaga Kayu Bangkoa.

"Kapal Jolloro ini membawa 4 orang penumpang, sebelumnya ada tiga orang telah ditemukan lebih awal dan satu orang atas nama Mutmainnah (25) ditemukan sekitar satu jam setelah pencarian," katanya kepada wartawan. 

Arif menambahkan bahwa Imelda (35) kemudian Jali (30 thn) dan Ginar (5) telah ditemukan oleh nelayan yang melintas dan diserahkan ke RBB untuk dievakuasi ke KN SAR Kamajaya. 

"Satu orang atas nama Mutmainnah akhirnya ditemukan sekitar satu jam setelah pencarian," ujarnya. 

Dengan ditemukannya seluruh korban kata Arif, maka pencarian dinyatakan ditutup. "Terima kasih untuk seluruh personel yang telah terlibat hingga operasi SAR berjalan dengan baik," tandasnya. 
 

Topik Menarik