Survei Poltracking: Ridwan Kamil-Suswono Duduki Puncak Elektabilitas Pasca-Debat Pertama

Survei Poltracking: Ridwan Kamil-Suswono Duduki Puncak Elektabilitas Pasca-Debat Pertama

Terkini | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 21:23
share

JAKARTA  - Pasangan cagub-cawagub Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil - Suswono (RIDO) menduduki puncak elektabilitas berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan, bahwa satu bulan menjelang hari pemilihan, pasangan RIDO unggul dengan elektabilitas mencapai 51,6 persen. 

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Poltracking Indonesia pada September 2024, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5 persen. Merujuk hasil survei yang dirilis oleh Poltracking Indonesia hari ini, elektabilitas pasangan RIDO naik sebanyak 4,1 persen atau menjadi 51,6 persen. 

"Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil dan Suswono mendapatkan elektabilitas 51,6 persen. Kemudian pasangan nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana elektabilitasnya 3,9 persen," kata Hanta saat menyampaikan hasil survei melalui kanal YouTube Poltracking TV, Kamis (24/10/2024).

"(Sedangkan) Pramono Anung-Rano Karno elektabilitasnya 36,4 persen. Jadi, selisihnya cukup lumayan. Tapi, masih ada sekitar satu bulan lebih kalau dari pengambilan data," sambungnya.

Dalam paparan tersebut, Hanta Yuda juga mengungkapkan bahwa salah satu pertimbangan pemilik suara di Jakarta menentukan pilihannya, adalah kepercayaan mereka terhadap hasil kerja para calon gubernur dan wakil gubernur. 

 

Poltracking Indonesia, kata Hanta, mendapati Ridwan Kamil sebagai calon gubernur yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Jakarta. Elektabilitas politisi Partai Golkar yang pernah menjadi gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu mencapai angka 54,8 persen.

Mengacu pada angka-angka tersebut, peluang pilkada Jakarta berlangsung satu putaran masih sangat terbuka. Apalagi bila melihat angka elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono sebesar 51, persen dan elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon gubernur yang menembus angka 54,8 persen. 

"Kalau melihat dari data ini, dari sisi elektabilitas memang ada potensi pilkada di Jakarta akan berlangsung satu putaran. Meski angkanya relatif masih pas di 51 persen, kalau menggunakan data per hari ini yang berpotensi memenangkan pilkada Jakarta adalah paslon nomor 1 Ridwan Kamil-Suswono dengan angka 51,6 persen," katanya.

Sebagai informasi, survei tersebut dilaksanakan oleh Poltracking Indonesia pada 10-16 Oktober 2024. Melibatkan dua ribu responden yang seluruhnya sudah memiliki hak suara saat pemilihan di Jakarta pada 27 November 2024. Survei itu mereka lakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 2,2 persen.

Topik Menarik