5 Makanan Wajib Dijauhi saat Mual, Nomor 3 Favorit Banyak Wanita!

5 Makanan Wajib Dijauhi saat Mual, Nomor 3 Favorit Banyak Wanita!

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:30
share

MUAL di perut bisa datang menyerang kapan saja, tak kenal waktu dan tempat. Terlihat sepele, namun mual jangan dipandang sebelah mata, karena nyatanya memang dapat menganggu aktivitas dan kenyamanan diri.

Selain istirahat, saat merasa mual sebaiknya Anda juga menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa makanan tertentu yang malah bisa memperparah atau memperburuk rasa mual di perut. Apa saja? Dilansir dari NDTV Food, Kamis (24/11/2024), berikut sederet makanan yang harus dihindari.

1. Makanan yang Digoreng atau Berminyak: Ini merupakan jenis makanan yang sulit dicerna, sehingga dapat memperburuk kondisi perut yang sedang mual.

Menurut studi yang diterbitkan oleh Ultrasound Internasional Open, makanan yang digoreng dan berminyak cenderung berada di perut dalam waktu yang lama, sehingga menambah tekanan pada perut.

2. Produk Olaahan Susu: Susu, keju, yogurt, dan produk olahan susu lainnya dapat mengiritasi lapisan lambung, terutama ketika sangat merasa mual dan hampir muntah. Produk olahan susu, disebutkan juga bisa  mengganggu kesehatan jika tidak toleran terhadap laktosa dan dapat menyebabkan masalah pencernaan lebih lanjut.

 

3. Makanan Pedas: Saat mual, lapisan lambung artinya sudah meradang, dan rasa pedas dari makanan pedas bisa semakin mengiritasinya. Hal ini bisa memicu, alias menyebabkan muntah dan memperburuk kondisi.

4. Kafein: Contohnya soft drinks, teh, dan kopi dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga menyebabkan mual yang lebih parah. Menurut ulasan yang dipublikasikan dalam Nutrients, reaksi kopi terhadap sekresi asam lambung menyebabkan beberapa masalah pencernaan, termasuk mual.

5. Makanan Asam: Makanan yang mengandung banyak asam, seperti buah jeruk, tomat, atau bumbu berbahan dasar cuka, dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperparah rasa mual. ??Makanan ini mampu memicu lambung memproduksi lebih banyak asam, yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan meningkatkan kemungkinan muntah.

Topik Menarik