Ade Rai Ungkap 20 Makanan dan Minuman yang Tak Bikin Gula Darah Melonjak

Ade Rai Ungkap 20 Makanan dan Minuman yang Tak Bikin Gula Darah Melonjak

Terkini | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 14:14
share

ADE Rai mengungkap 20 makanan dan minuman yang tak bikin gula darah Anda melonjak. Tips ini akan berguna terutama saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan.

Ya, Bulan Suci Ramadhan kemungkinan jatuh pada awal Maret 2025. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari, termasuk memperhatikan asupan makanan serta minuman.

Ade Rai

Satu hal yang pasti, 20 makanan dan minuman yang diinformasikan Ade Rai mudah untuk didapatkan. Ia memang memberikan informasi ini untuk menu berbuka puasa.

“Ada 20 makanan dan minuman yang tidak menciptakan lonjakan yang gula darah terutama jika berbicara di jendela buka (puasa) atau pada saat berbuka puasa,” kata Ade Rai, dikutip dari akun Youtube miliknya, Dunia Ade Rai, Kamis (24/10/2024).

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8yNC8xLzE4NjI5My8zL2Nyd3NrVDZwY1hZ" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

“Makanan ini yang memungkinkan kita menyetir situasi lonjakan gula darah,” sambung pria asal Bali itu.

Ade Rai menegaskan hindari makan atau minum sesuatu hal manis di awal buka puasa. Itu agar lonjakan gula darah tidak tinggi. Hal ini agak sulit mengingat makanan dan minuman manis sudah jadi menu takjil.

“Kalau kita buka dengan langsung yang manis-manis, maka otomatis terjadi lonjakan gula darah yang tinggi, maka pankreas akan merilis insulin gula darah yang turun ke bawah, temen-temen nanti capek dan ngantuk dan kepengen makan lagi, nanti otomatis minta makan lagi,” urai Ade Rai.

“Begitu naik nanti di turunan lagi, terjadi namanya rollercoaster energy karena strategi awal yang salah saat temen-temen memilih makanan,” tambahnya.

Ade Rai membagikan 20 makanan itu menjadi empat folder. Makanan itu bisa terbentuk protein, serat, lemak, dan minuman.

Mantan atlet binaraga itu menegaskan, makanan yang berprotein tidak akan membuat lonjakan gula darah. Jenis itu termasuk makanan yang berlemak, seperti halnya, ayam, ikan, makanan laut, hingga daging merah.

Topik Menarik