Hadirkan Produk Berkualitas Tinggi, Winn Gas dan Importa Raih Superbrand Awards 2024

Hadirkan Produk Berkualitas Tinggi, Winn Gas dan Importa Raih Superbrand Awards 2024

Terkini | okezone | Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:24
share

JAKARTA - Hadirkan home appliances dan furniture berkualitas tinggi, Winn Gas dan Importa dianugerahi Superbrand Awards 2024. Winn Gas mendapatkan tiga  penghargaan sekaligus untuk kategori Stove, Stove Hose dan Regulator. Sementara, Importa mendapat penghargaan untuk kategori furniture.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Branding and Promotion Manager Winn Gas Anjar Susilo dan CEO And Founder Importa Nizar Bawazier di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Jumat (27/9/2024). Pencapaian ini didapatkan berkat komitmen hadirkan produk berkualitas tinggi dan memberikan pelayanan after sale.

Superbrands Awards adalah sebuah ajang apresiasi kepada berbagai brand terdepan dari seluruh dunia yang berhasil melewati seleksi lembaga Nielsen dengan representasi 20 juta orang di enam kota besar di Indonesia.

Superbrands mengidentifikasi dan memberikan pengakuan terhadap brand istimewa terdepan dari seluruh dunia. Selama lebih dari 30 tahun, 13.321 merek dari lebih dari 92 negara telah dianugerahkan dengan segel Superbrands. Khusus di Indonesia, sebanyak 300 merek telah mendapatkan segel Superbrands selama 12 tahun kebelakang.

Branding and Promotion Manager Winn Gas Anjar Susilo mengatakan, terima kasih atas tiga penghargaan yang diberikan Superbrands sekaligus kepada Winn Gas.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Superbrands. Berkat penghargaan Superbrand yang Winn Gas terima mempunyai efek yang sangat besar,  mampu membuat top of mind di masyarakat sehingga semakin yakin dengan produk-produk kami ,” ujarnya.

Sementara, CEO And Founder Importa, Nizar Bawazier mengatakan, penghargaan ini mengandung arti bahwa brand yang dibangun sekian tahun telah diakui oleh masyarakat. Ia berharap penghargaan ini akan berdampak pada meningkatnya meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk Importa.

“Kita akan terus berinovasi, saat ini kita memang fokus di furniture besi dan kita berhasil mendapatkan top brand atau top of mind di kategori tersebut dan jadi pemimpin pasar. Kedepannya, kita terus berinovasi untuk penambahan SKU atau produk dengan material-material besi,” ujarnya.

Winn Gas Berikan Kenyamanan dan Keamanan Pelanggan lewat Garansi Purna-Jual

Selama 30 tahun dengan berkomitmen untuk selalu berinovasi Winn Gas menghadirkan produk-produk gas dan peralatan rumah tangga  bermutu tinggi  yang telah diuji, disetujui, dan diverifikasi. 

Direktur Operasional Winn Gas Thomson mengatakan, pada awal 1990 hingga 2006 ada aturan Pemerintah yang mewajibkan peralihan konversi dari minyak tanah ke LPG. Pada saat itu juga, permintaan kompor dan regulator cukup besar dan melejit.

Keunggulan dari Winn Gas tak hanya dilihat dari sisi kualitasnya saja melainkan proses awal pembuatan yaitu memastikan semua produk wajib lolos uji lab dan standar Indonesia.

Dia menuturkan, suatu produk  yang bisa bertahan lebih dari 1 tahun  tidak rusak bisa dikatakan kualitas barang itu baik. Selain itu, produk harus memenuhi  standar Indonesia atau SNI.

“Setiap produk Winn gas yang kita produksi telah diuji ulang kembali di lab yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Selain itu kita ada kerja sama dengan pihak Kementerian Perindustrian, dan Winn Gas dipercaya menjadi bagian penyusun dari SNI tersebut,” ucapnya.

Winn Gas selalu berusaha untuk berinovasi, salah satunya memproduksi kompor gas dengan teknologi dari Jepang. Dengan teknologi ini,  ketika ada kebocoran dari air mendidih atau lumeran,  maka kompor otomatis akan mati,dan  gas tidak akan mengalir ke media atau wajannya. 

“Kami belajar dari problem yang ada di masyarakat, sering mendengar  ketika air mendidih atau kuah tumpah bisa menyebabkan  resiko kebakaran. Oleh sebab itu,  Winn Gas sudah menciptakan inovasi kompor gas terbaru untuk meminimalisir resiko kebakaran tersebut,” ujarnya

Untuk mempertahankan kualitas produk, Winn Gas selalu melakukan uji lab memastikan produk sebelum didistribusi aman dan nyaman untuk pemakaian di masyarakat.

“Setiap enam bulan sekali Winn Gas melakukan uji lab dan di pabrik juga sudah tersedia alat pengujinya yang  sudah disurvei dan disetujui oleh Lembaga Balai Uji.Kemudian biasanya kita ada sosialisasikan kepada masyarakat cara pemakaian regulator yang benar,” ujar Thomson.

Selain itu, Winn Gas memberikan layanan layanan purna-jual kepada pelanggan. Thomson menuturkan Winn Gas memberikan garansi 1 tahun, pemakaian lebih dari 1 tahun kita berikan service gratis tanpa biaya apapun jika ada masalah.

“Kita akan memberikan after sales service untuk pelanggan yang sudah lebih dari 1 tahun pemakaian dengan memberikan service gratis, caranya  dengan  menghubungi customer service kita yang sudah tersebar di 76 wilayah di Indonesia,” ucapnya.

Dia menambahkan jika masyarakat atau pelanggan  merasa ada masalah kebocoran di regulator segera hubungi customer service. Winn Gas akan gantikan baru, sehingga pelanggan tak perlu khawatir jika ada permasalahan.

Importa Terus Berinovasi dan Konsisten Jaga Kualitas Produk

Konsistensi menjaga kualitas, juga dilakukan Importa bahkan menjadi nilai-nilai bagi perusahaannya. Dengan kekonsistenannya menjaga kualitas serta selalu trendy, pertumbuhan bisnis Importa melaju sangat pesat, setiap dua tahun Importa konsisten membuka cabang baru.

Kini, perusahaan asal Temanggung, Jawa Tengah ini memiliki 14 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, di antaranya ada di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, Palembang, Bandung, dan Medan.

Superbrands Importa
Nizar Bawazier, CEO And Founder Importa saat menerima penghargaan Superbrands Awards 2024 (Foto: dok iNews Media Group/Aldhy Chandra Setiawan)

“Berawal dari 2003, founder kami Bapak Nizar Bawazier punya suatu  toko furniture kecil di Temanggung, Jawa Tengah. Saat itu perusahaan mengalami jatuh bangun. Akhirnya setelah tujuh tahun, didirikanlah PT importa. Produk unggulannya adalah furniture bermaterial besi, jatuhnya kayak fresh modern tetapi bahan dasarnya besi, “ katanya.

Menariknya, pada saat pandemi, perusahaan dan bisnis lain bertumbangan, pertumbuhan Importa justru  melesat ditandai dengan membludaknya permintaan pasar. Saat pandemi, masyarakat pada umumnya  sangat berhati-hati dalam membelanjakan uangnya.

Mereka akan memilih untuk memprioritaskan pemenuhan barang kebutuhan pokok atau akan memilih barang dengan harga yang lebih terjangkau. 

“Saat pandemi, furniture ini kan berbahan dasar besi, anti rayap jamur, anti lembab dan lebih robas, makanya kita kasih harga yang sangat kompetitif. Jadi  masyarakat dapat leverage produknya  lebih kuat dan anti jamur dengan harga yang kompetitif,” tuturnya.

Dengan harga yang kompetitif itulah, masyarakat bisa mendapatkan furniture yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak. “Sehingga pas masa pandemi justru blessing in disguise, berkahnya Importa masuk dalam periode yang sangat pesat. Growth-nya pesat." 

Importa sangat konsisten dalam menjaga kualitas, bahkan untuk menumbuhkan semangat yang sama dengan furniture yang diproduksi, perusahaan memiliki slogan BESI, yaitu Brave, Enthusiasm, Sinergy, dan Integrity. 

Slogan tersebut mencerminkan bahwa Importa sangat komitmen untuk brave atau berani mengambil keputusan yang inovatif. Enthusiasm berarti menghadirkan passion dan tidak anti teknologi.

Lalu Sinergy, berarti pihaknya terus bersinergi termasuk dengan eksternal dan Integriti menunjukkan bahwa Importa  menghadirkan produk sesuai dengan yang dijanjikan.

“Kita tidak kompromi dengan kualitas, kita tidak ingin banget nama brand Importa ini,  kita nge-klaim nya kualitas A tapi sebenarnya itu nggak A. Jadi kalau kita bilang platnya, produknya ini sekian mili, maka kita akan pastikan barang yang available itu juga sekian mili," ucapnya. 

Slogan besi juga mengandung makna bahwa sumber daya manusianya seperti besi. “Benar-benar brave, antusias, sinergi, dan berintegritas. Ini core value yang dijunjung banget dan kita harus bisa edible ngikutin zaman. Jadi besi dari segi spiritnya tapi kita tetap fluit,  seperti besi cair, “ katanya.

Salah satu ejawantah dari fluit adalah, ia tidak segan untuk menambah investasi kebutuhan sarana maupun SDM untuk IT.  “Seperti teknologi di luar sana kita ingin akomodir, kita ingin rangkul, kita embrace, kita leverage kalau butuh sinergi IT di backhand-nya, butuh IT yang lebih canggih, semua akan dijalani,yang penting bisa mengakomodir kebutuhan konsumen," katanya.

Ke depan, Importa akan terus hadir dan mendekat dengan masyarakat, agar barang yang tersedia dan mudah dijangkau. “Kita pakai sell B to B, kita bermitra dengan UMKM. Mereka turut memajang dan  menjual barang kita," ucapnya. 

Komitmen Importa dalam menjaga konsistensi untuk menghadirkan produk dengan kualitas terbaik telah mengantarkan menjadi produk yang selalu diminati pasar, bahkan saat ini Importa telah bermitra dengan lebih dari 3000 itu UMKM.

Topik Menarik