Hari Pertama Gibran Sebagai Wakil Presiden Bahas Penguatan Kerja Sama dengan Korea Selatan

Hari Pertama Gibran Sebagai Wakil Presiden Bahas Penguatan Kerja Sama dengan Korea Selatan

Nasional | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 23:05
share

JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka secara resmi dilantik sebagai Wakil Presiden (Wapres) periode 2024-2029 di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Minggu (20/10/2024). Pada hari pertama bekerja itu, Gibran pun langsung menerima kunjungan kehormatan dari Perdana Menteri (PM) Republik Korea, Han Duck-soo, di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan itu, Gibran pun mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran PM Korea Selatan dalam prosesi pelantikan Presiden dan Wapres Indonesia periode 2024-2029. 

Wapres juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus memperkuat kerja sama dengan Korea Selatan, khususnya dalam sektor hilirisasi industri.

“Kami ingin memperkuat hubungan kerja sama kami. Ke depan, kami akan lebih fokus pada hilirisasi,” ujar Gibran.

Ia menambahkan kalau keberlanjutan kemitraan Indonesia dengan Korea Selatan juga ditekankan oleh Presiden Prabowo Subianto. Sebab pemerintahan Presiden Prabowo akan melanjutkan dan mengembangkan hubungan kerja sama yang telah dibangun oleh pemerintahan sebelumnya.

“Selama pembicaraan, Bapak Prabowo mengatakan tentang keberlanjutan. Jadi, apa yang sudah dilakukan Presiden sebelumnya pasti akan dilanjutkan oleh Presiden Prabowo, dan pasti akan ditambah lagi, digencarkan lagi kerja sama antara Indonesia dengan Korea,” jelasnya.

Untuk memperkuat hubungan tersebut, Gibran turut mengundang perusahaan dan para pelaku bisnis Korea Selatan untuk mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ke depan, kami ingin mengundang perusahaan-perusahaan dari Korea untuk berkunjung ke IKN. Kami juga ingin memamerkan beberapa produk perikanan kami, seperti unagi, tuna, udang," tuturnya.

Di sisi lain, Wapres juga menyoroti pentingnya dukungan Korea Selatan terhadap pendidikan vokasi di Indonesia. Ia berharap Korea Selatan dapat berkontribusi melalui kerja sama antara sekolah-sekolah vokasi di Indonesia dengan perusahaan-perusahaan otomotif, khususnya dalam bidang perakitan dan pembuatan baterai.

“Karena Indonesia ini banyak sekali anak mudanya. Kita ingin sekolah-sekolah vokasi kita bisa bekerja sama dengan Hyundai, misalnya untuk perakitan atau terkait pembuatan baterai. Kita ingin sekali kerja sama ini direkatkan," ucapnya.

Menanggapi hal ini, PM Han Duck-soo mengapresiasi tingginya investasi Korea Selatan di Indonesia dan berharap hubungan kerja sama di berbagai bidang dapat terus diperkuat dan dilanjutkan di bawah pemerintahan yang baru.

“Korea Selatan menempati posisi tinggi sebagai negara yang berinvestasi ke Indonesia. Kami pikir upaya-upaya seperti ini akan terus dilanjutkan dalam pemerintahan baru di Indonesia,” ujar PM Han.

“Seperti tadi disampaikan Pak Wakil Presiden, di berbagai bidang seperti hilirisasi dan IKN, kami sangat berharap kerja sama ini terus berlanjut seperti sekarang," imbuhnya.

Sekedar informasi, pada pertemuan tersebut, PM Han didampingi oleh Wakil Perdana Menteri Pertama Republik Korea Kim Hong-kyun, Penasihat Kebijakan Luar Negeri Perdana Menteri Tae Jun-youl, Penanggung Jawab Urusan Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia Park Soo-deok, dan Direktur Protokol, Sekretariat Perdana Menteri Seo Kwang Hyeon.

Sementara itu, Wapres Gibran didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika dan Direktur Asia Timur, Kementerian Luar Negeri Arifianto Sofiyanto. 

Topik Menarik