AFC Pindahkan Laga Timnas Iran vs Qatar ke Tempat Netral karena Alasan Keamanan, Kabar Baik untuk Bahrain?

AFC Pindahkan Laga Timnas Iran vs Qatar ke Tempat Netral karena Alasan Keamanan, Kabar Baik untuk Bahrain?

Terkini | okezone | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 20:35
share

KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) memindahkan laga Iran vs Qatar karena alasan keamanan. Apakah ini pertanda Bahrain akan mendapatkan durian runtun karena mengajukan protes serupa?

Federasi Sepakbola Iran (FFIRI) mengajukan permintaan kepada AFC pada awal Oktober 2024. Permintanan itu berisi agar laga Iran vs Qatar yang merupakan matchday keempat Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Selasa, 15 Oktober 2024 digelar di tempat netral.

Laga Timnas Iran vs Qatar digelar di tempat netral

(Laga Timnas Iran vs Qatar digelar di tempat netral)

Permintaan itu diajukan FFIRI efek Iran yang pada awal Oktober 2024 menyerang puluhan rudal ke Israel. Ditakutkan jika laga Timnas Iran vs Qatar digelar di Iran, laga ini berpotensi menimbulkan korban jiwa jika Israel melepaskan serangan balasan.

<div class="vicon"><iframe width="100" height="400" src="https://video.okezone.com/embed/MjAyNC8xMC8xOS83LzE4NjE5MC8zL2I5b25UVUZzb2Qw" frameborder="0" allowfullscreen></iframe></div>

Alhasil, AFC mengambil keputusan bijak. Laga Iran vs Qatar dipindahkan ke tempat netral yakni Rashid Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab. Meski laga digelar di tempat netral, Iran tetap menang atas Qatar dengan skor meyakinkan, yakni 4-1.

Berselang satu hari dari laga Iran vs Qatar, giliran Bahrain yang mengajukan protes kepada AFC. Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) meminta AFC agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain yang merupakan matchday kedelapan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Selasa, 25 Maret 2025 digelar di tempat netral.

BFA meminta laga digelar di tempat netral karena merasa terancam dengan psywar yang dilancarkan netizen Indonesia kelar laga Bahrain vs Timnas Indonesia di matchday ketiga Grup C, Kamis 10 Oktober 2024 malam WIB.

Topik Menarik