Ridwan Kamil Tegaskan KJP Tidak Akan Dihapus!

Ridwan Kamil Tegaskan KJP Tidak Akan Dihapus!

Terkini | okezone | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:10
share

JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, memberikan tanggapan soal isu bakal dihapusnya program Kartu Jakarta Pintar (KJP) oleh DPRD DKI Jakarta pada tahun depan. Menurutnya, KJP tidak akan dihapus tetapi akan ditinjau ulang untuk diperbaiki dalam penerapannya, terutama soal data penggunanya.

Belum lama ini, DPRD Jakarta menyatakan program KJP bakal dihapus. Sebagai gantinya, akan ada program sekolah gratis untuk negeri maupun swasta.

Program sekolah gratis tersebut rencananya akan dimulai pada Juli 2025, bertepatan dengan tahun ajaran baru. Program sekolah gratis itu bakal mengutamakan anak-anak yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tanpa terkecuali.

Soal alokasi dana KJP, nantinya bakal dialihkan untuk membiayai pendidikan anak-anak yang gagal masuk sekolah negeri. Tujuannya agar mereka bisa mendapat pendidikan gratis di sekolah swasta.

Terkait hal itu, Ridwan Kamil mengatakan program KJP tidak akan dihapus. Namun, akan ditinjau ulang untuk dibenahi dari segi pengumpulan data yang menurutnya menjadi masalah sehingga muncul kabar bahwa KJP bakal dihilangkan.

“Enggaklah (KJP dihapus). Saya bilang semua yang dibutuhkan masyarakat kita review, diperluas, terus dirasakan manfaatnya, yang penting datanya benar,” kata Ridwan Kamil kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui usai blusukan ke warga RW 08 Kelurahan Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024).

 

“Kemarin isu itu mengemuka karena ditemukan ada data-datanya (yang tidak tepat), berarti kan problemnya di data bukan di niat baiknya. Hal-hal begitu yang perlu dievaluasi, kunci program itu harus adil. Itu aja. Jadi kalau dirasa kurang adil disampaikan, kalau belum faham difahamkan,” tuturnya.

Program sekolah gratis di sekolah swasta dan negeri itu sendiri memang diharapkan bisa menjadi solusi bagi peserta didik yang terdaftar di DTKS tapi tak menerima KJP Plus. 

Alhasil, anak-anak yang gagal dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah negeri tak perlu bimbang lagi karena mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan gratis di sekolah swasta yang berada dekat dengan rumah mereka.

Topik Menarik