Eksklusif, Adu Nasib Pekerja Indonesia di Kamboja” di AB+ Malam Ini bersama Abraham Silaban, Pukul 20.00 WIB, hanya di iNews

Eksklusif, Adu Nasib Pekerja Indonesia di Kamboja” di AB+ Malam Ini bersama Abraham Silaban, Pukul 20.00 WIB, hanya di iNews

Nasional | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 20:39
share

SEJAK beberapa tahun terakhir, Kamboja menjadi salah satu negara tujuan bagi pekerja migran Indonesia, khususnya di sektor informal. Meski jumlah pekerja Indonesia di negara ini tidak sebesar di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia atau Singapura, nasib mereka tak luput dari sorotan, terutama dengan isu-isu yang terkait dengan keamanan, kesejahteraan, dan perlindungan hukum.

Dalam episode terbaru AB+ bersama Abraham Silaban malam ini, eksklusif  akan mengupas tuntas nasib para Imigran Indonesia yang bekerja di Kamboja. Pada pertengahan 2010-an, seiring meningkatnya jumlah pekerja Indonesia di Kamboja, muncul berbagai masalah yang terkait dengan perlindungan hukum.

Banyak para pekerja Indonesia yang mengalami penipuan terkait kontrak kerja atau gaji yang tidak sesuai dengan kesepakatan awal. Parahnya, beberapa dari mereka bahkan menjadi korban perdagangan manusia.

Kasus-kasus ini menjadi sorotan besar dan memicu reaksi dari pemerintah Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri, bersama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Phnom Penh, berupaya memberikan bantuan kepada para pekerja migran yang terjebak dalam situasi tersebut. Langkah ini meliputi evakuasi, pendampingan hukum, hingga upaya pemulangan mereka ke Indonesia.

Pada 2023, KBRI Phnom Penh dari Data Departemen Imigrasi di Kementerian Dalam Negeri Kamboja mendapati jumlah WNI yang menetap di Kamboja jumlahnya jauh lebih banyak dari data diri online KBRI Phnom Penh. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini, Kamboja masih menjadi pilihan bagi sebagian pekerja Migran Indonesia, meskipun tidak sebesar negara-negara lain dan meski sudah ada berbagai upaya perlindungan, tantangan masih terus ada, terutama di sektor pekerjaan informal yang sering kali minim pengawasan.

Lantas., bagaimana kelanjutan dari nasib para pekerja indonesia di Kamboja? Saksikan selengkapnya, liputan  Abraham Silaban di AB+ “Eksklusif, Adu Nasib Pekerja Indonesia di Kamboja”, menggali informasi dengan cerdas dan mendalam serta mengungkap dan mendengarkan fakta-fakta langsung dari narasumber terpercaya. Malam Ini pukul 20.00 WIB, hanya di iNews.

Topik Menarik