Wabah Polio Serang Warga Gaza, Ditemukan dari Air Limbah

Wabah Polio Serang Warga Gaza, Ditemukan dari Air Limbah

Terkini | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 08:00
share

WABAH polio di Gaza menjadi salah satu tantangan besar yang dihadapi masyarakat di wilayah tersebut. Polio adalah penyakit menular yang bisa menyebabkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus polio yang menyerang sistem saraf dan bisa menyebar melalui air atau makanan yang terkontaminasi.

Kondisi di Gaza sangat rumit. Konflik yang terus berlangsung membuat banyak fasilitas kesehatan rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Ditambah lagi, dengan adanya keterbatasan pasokan vaksin, pemerintah dan organisasi kesehatan internasional berjuang untuk menyediakan vaksin polio kepada semua anak yang membutuhkannya.

"Pada Juli, jejak polio ditemukan di air limbah Gaza. Ini terjadi karena sistem kesehatan dan pengelolaan limbah rusak akibat konflik, ditambah 90 persen penduduk yang mengungsi, sehingga risiko penyebaran penyakit menular meningkat,” ujar wakil direktur senior Urusan Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNRWA) di Gaza Sam Rose, melansir dari hsph.harvard Sabtu (5/10/2024)

Ada dua jenis vaksin polio suntikan intramuskular yang aman dan efektif. Namun metode ini kurang praktis di daerah dengan sumber daya terbatas, dan vaksin polio oral yang lebih terjangkau serta mudah didistribusikan. Meski vaksin oral sangat efektif, ada risiko sangat kecil virus yang dilemahkan bermutasi dan menyebabkan polio, seperti yang kini menjadi ancaman di Gaza.

Polio mulai serang warga Gaza. (Foto: BBC)

Pada Juli 2022, salah seorang di New York yang tidak divaksinasi didiagnosis menderita polio, menunjukkan bahwa virus polio turunan vaksin dapat menyebar di wilayah dengan tingkat vaksinasi rendah. Situasi di Gaza menciptakan kondisi ideal untuk wabah polio yang dapat dicegah, terutama di kalangan penduduk yang tidak divaksinasi. 

Untuk menghentikan penyebaran, diperlukan gencatan senjata, vaksinasi luas, dan perbaikan kondisi kesehatan masyarakat. Wabah polio di Gaza adalah krisis kesehatan yang sangat serius, terutama bagi anak-anak. Di tengah situasi konflik yang berkepanjangan, tantangan untuk melaksanakan vaksinasi menjadi semakin berat. 

Meski demikian, dengan kerjasama antara pemerintah lokal, organisasi kesehatan, dan dukungan internasional, diharapkan wabah ini bisa diatasi, dan anak-anak di Gaza dapat tumbuh sehat tanpa ancaman polio.

Topik Menarik