Keajaiban Alquran dan Sains Paparkan Proses Fotosintesis Daun

Keajaiban Alquran dan Sains Paparkan Proses Fotosintesis Daun

Terkini | okezone | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 06:05
share

KEAJAIBAN Alquran dan sains yang memaparkan proses fotosintesis daun dibahas dalam artikel berikut ini. Fotosintesis adalah proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil. 

Tumbuhan daun bisa memanfaatkan secara langsung energi yang datang dari sinar matahari. Sel tumbuhan dapat mengubah energi tersebut menjadi energi kimia yang kemudian disimpan dalam bentuk nutrien.

Dijelaskan pada buku "Tafsir Ilmi: Tumbuhan dalam perspektif Alquran dan Sains" yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang proses fotosintesis tumbuhan tersebut.

Proses ini melibatkan kloroplas dan tilakoid yang terdapat di dalam kloroplas, organisme yang memberi warna hijau pada daun.

Di dalam kloroplas inilah terdapat klorofil. Organisme ini hanya dapat dilihat bentuk utuhnya melalui mikroskop serta satu-satunya "pabrik hijau" di bumi yang dapat mengubah serta menyimpan energi matahari dalam bentuk bahan organik. 

Diperkirakan setiap tahun proses ini menghasilkan paling tidak 200 miliar ton bahan organik yang sangat vital bagi keberlangsungan kehidupan.

Alquran menyebut "pabrik hijau" atau kloroplas itu dengan nama Al-Khadir yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi "green substance".

Di dalam kloroplas ini tumbuhan memanfaatkan energi matahari untuk mengubah bahan asupan menjadi energi kimia, hingga pada akhirnya menghasilkan bermacam bagian lainnya dari tumbuhan itu.

Keterangan rinci mengenai fotosintesis tumbuhan dapat ditemukan dalam ayat Alquran berikut ini. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ انْظُرُوا إِلَىٰ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: "Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman." (Quran Surat Al An'am Ayat 99) 

Topik Menarik