Israel Bombardir Lebanon dan Gelar Serangan Darat, Pasukan TNI Siaga Penuh di Markas Tunggu Perintah  

Israel Bombardir Lebanon dan Gelar Serangan Darat, Pasukan TNI Siaga Penuh di Markas Tunggu Perintah  

Nasional | okezone | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 11:56
share

JAKARTA – Militer Israel terus membombardir sejumlah target kelompok Hizbullah di pinggiran selatan Beirut, Lebanon. Tentara Zionis juga telah melakukan invasi ke sejumlah desa di Lebanon. Gempuran zionis tersebut menewaskan ribuan orang.  

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memastikan prajurit yang bertugas di Lebanon saat ini dalam kondisi stabil. TNI di Lebanon menjalankan kegiatan seperti biasa dan berada di markas mereka.

Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Hariyanto mengungkapkan bahwa semua aktivitas TNI di Lebanon mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Komandan UNIFIL, yang merupakan misi penjagaan perdamaian PBB. Koordinasi antara TNI dan Kementerian Luar Negeri juga menjadi kunci dalam mengelola situasi di lapangan para prajurit.

"TNI di Lebanon tetap berada di markas dan melakukan kegiatan seperti biasa," kata Hariyanto di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2024).

"Kita TNI di home base siap untuk membantu kapan saja sesuai dengan petunjuk atau perintah yang sudah dikoordinasikan oleh Kemenlu," ujarnya.

 

Dia menambahkan, Kementerian Luar Negeri akan terus berkoordinasi dengan Komandan UNIFIL untuk merespons situasi di lapangan, termasuk potensi evakuasi jika diperlukan. Saat ini, TNI masih menunggu instruksi selanjutnya dan terus melakukan koordinasi yang diperlukan.

"Kemenlu juga akan berkoordinasi dengan situasi yang di sana Komandan UNIFIL untuk apa bila evakuasi dan sebagaimanya. Sementara sampai sekarang belum dan kita masih menunggu intruksi selanjutnya," pungkasnya.

Topik Menarik