Rekayasa Lalin saat Pelantikan DPR/DPD/MPR Besok, Polisi: Bersifat Situasional

Rekayasa Lalin saat Pelantikan DPR/DPD/MPR Besok, Polisi: Bersifat Situasional

Nasional | okezone | Senin, 30 September 2024 - 23:52
share

JAKARTA - Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat pelantikan anggota DPR/DPD/MPR periode 2024-2029 di Gedung DPR/DPR/MPR, Senayan, Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2024 besok. Namun, bersifat situasional.

"Rekayasa lalin bersifat situasional melihat eskalasi di lapangan," ujar Ade Ary saat dikonfirmasi, Senin (30/9/2024).

Sementara itu, untuk pengamanan sebanyak ribuan personel gabungan dikerahkan. "Personel keamanan sebanyak 5.614 dengan sasaran pengamanan area Senayan, Jakarta Pusat," katanya.

Ade Ary mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kawasan tersebut dan mencari rute alternatif guna menghindari kepadatan lalin.

"Kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kegiatan pelantikan anggota DPR/DPD/MPR nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib," ujarnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 akan dilantik besok. "1 Oktober pagi, Insya Allah akan dilantik anggota DPR baru periode 2024-2029 dan Insya Allah berserta pimpinannya juga, untuk melaksanakan tugas konstitusional 5 tahun ke depan juga dengan baik, kompak dan solid untuk membangun Indonesia ke depan seperti yang kita harapkan bersama," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangannya.

 

Puan  mengungkapkan, atas nama seluruh anggota DPR dan Pimpinan DPR periode 2019-2024 mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rakyat Indonesia atas kepercayaannya kepada kami. Walaupun kami tidak sempurna, kami sudah berusaha untuk bekerja sebaik-baiknya, sesuai dengan apa yang kami bisa lakukan," ujar Puan di akhir masa jabatannya.

Pihaknya berharap, mekanisme pemilihan Pimpinan DPR periode 2024-2029 esok hari akan berjalan baik dan lancar sesuai dengan undang-undang yang berlaku. 

"Insya Allah besok pelantikan anggota baru akan dilaksanakan pagi, setelah itu selesai baru akan ada mekanisme selanjutnya untuk kemudian mekanisme pimpinan DPR yang akan diawali dengan rapat konsultasi dari perwakilan fraksi atau perwakilan partai yang diwakili oleh fraksi," pungkasnya.


 

Topik Menarik