Ini Beras Termahal asal Jepang, Harganya Mencapai Rp1,8 Juta per Kg

Ini Beras Termahal asal Jepang, Harganya Mencapai Rp1,8 Juta per Kg

Gaya Hidup | okezone | Senin, 30 September 2024 - 12:28
share

BERAS adalah salah satu makanan paling banyak dikonsumsi orang Indoneia. Beras pun memiliki banyak varietas, dengan harga yang beragam. Tapi, tahukah Anda apa beras yang paling mahal?

Kinmemai Premium adalah pilihan beras artisanal pilihan yang memegang Rekor Dunia Guinness untuk beras termahal di dunia. Beras ini pun sempat memecahkan rekor dunia sebagai beras termahal dengan harga USD109 per kilogram atau sekira Rp1,64 juta per kg.

Diproduksi oleh Toyo Rice Corporation Jepang, pilihan beras eksklusif ini memiliki biji-bijian pilihan dari 5 varietas beras Jepang pemenang penghargaan. Beras ini pun telah difermentasi selama 6 bulan menggunakan teknologi pemolesan beras milik perusahaan yang dikembangkan lebih dari 17 tahun lalu. 

Beras Kinmemai Premium pun memiliki nilai gizi yang lebih unggul dibandingkan dengan beras konvensional, serta rasa kacang yang lezat. Biji-bijian itu sendiri juga tampak seperti berlian kecil, berkat proses pemolesan yang dipatenkan yang hanya menghilangkan lapisan lilin yang tidak dapat dimakan.

Kinmemai Premium memiliki nilai gizi yang tak tertandingi, mengandung 6 kali lebih banyak lipopolisakarida (LPS)—peningkat sistem kekebalan alami yang membantu menjaga kesehatan dan melawan penyakit—daripada beras putih biasa. Beras ini pun 1,8 kali lebih banyak serat dan 7 kali lebih banyak Vitamin B1. 

 

Beras ini pun bebas bilas, artinya tidak perlu dicuci sebelum dimasak, dan memiliki aroma unik serta rasa manis. Dengan varietas beras berharga seperti Koshihikari dan Pikamaru, beras Kinmemai Premium dipetik langsung oleh para spesialis Toyo Corporation, dan petani dibayar sekitar 8 kali lipat dari harga normal hanya untuk beras terbaik. 

Hal ini pun yang menjelaskan harga beras termahal di dunia yang sangat tinggi. Diiklankan sebagai “beras terbaik di dunia,” Kinmemai Premium dijual dalam kemasan 140 gram, kini dijual dengan harga sekira USD120 per kilogram (Rp1,8 juta). 

Beras ini memecahkan rekor dunia untuk 'beras termahal' pada tahun 2016, dengan harga USD109 per kilo, tetapi inflasi telah menaikkan harga lebih tinggi lagi sejak saat itu. Awalnya hanya tersedia untuk pasar Jepang, Kinmemai Premium kini juga dijual di Singapura.

Beras Kinmemai Premium tidak cocok untuk sushi, karena tidak mengandung pati yang dibutuhkan. Untuk menikmati rasa manis dan gurihnya, beras ini direkomendasikan untuk hidangan Jepang sederhana seperti ochazuke dan Tamago kake gohan.

Topik Menarik