5 Pemain Bintang Naturalisasi yang Gagal Debut di Timnas Indonesia, Nomor 1 Seangkatan Diego Michiels

5 Pemain Bintang Naturalisasi yang Gagal Debut di Timnas Indonesia, Nomor 1 Seangkatan Diego Michiels

Terkini | okezone | Minggu, 29 September 2024 - 06:49
share

ADA 5 pemain bintang naturalisasi yang gagal debut di Timnas Indonesia. Kebanyakan para pemain yang gagal debut itu bukanlah pemain keturunan, melainkan para pesepakbola yang sudah lama tinggal dan bermain di Liga Indonesia.

Para pemain tersebut lantas memutuskan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) karena kecintaannya terhadap Tanah Air. Sayang, setelah melalui proses yang panjang untuk bisa dinaturalisasi, para pemain tersebut justru tak kunjung dipanggil ke Timnas Indonesa. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 5 Pemain Bintang Naturalisasi yang Gagal Debut di Timnas Indonesia:

5. Herman Dzumafo


Herman Dzumafo sudah malang-melintang di sepakbola Tanah Air sejak 2007. Setelah 10 tahun menetap di Tanah Air, pemain asal Kamerun itu pun memutuskan dinaturalisasi pada 2017.

Klub pertama yang dibelanya adalah PSPS Pekanbaru. Lalu, Dzumafo pindah ke Arema FC, Persib Bandung, Persela Lamongan, hingga Bhayangkara FC. Meski bekerja apik di level klub, Dzumafo belum pernah dipanggil membela Timnas Indonesia.

4. Zoubairou Garba


Zoubairou Garba saat ini berusia 38 tahun dan belum pensiun meski berstatus tanpa klub. Tim terakhir yang dibelanya adalah klub asal Malaysia, yakni Perak pada 2021 lalu.

Zoubairou Garba pun pernah barkarier di Indonesia dengan bermain bersama PSIS Semarang, Sriwijaya FC, Persih Masurai, TR-Kabo, dan Persebaya Surabaya. Meski banyak membela klub Indonesia, Zoubairou Garba nyatanya tak pernah dipanggil skuad Garuda.

Topik Menarik