5 Ayat Alquran tentang Rasi Bintang: Penghias Langit hingga Penunjuk Arah Pelaut

5 Ayat Alquran tentang Rasi Bintang: Penghias Langit hingga Penunjuk Arah Pelaut

Terkini | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 06:28
share

BERIKUT ini dibahas 5 ayat Alquran tentang rasi bintang. Rasi bintang, gemintang, atau konstelasi adalah gugusan atau sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus.

Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang diamati umat manusia tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam.

Rasi bintang tersebut ternyata sudah jauh lebih dulu dijelaskan dalam kitab suci Alquran. Berikut ini uraiannya, sebagaimana telah Okezone himpun:

1. Rasi bintang penunjuk arah pelaut

Dijelaskan dalam buku "Amazing!!! Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran", penggunaan rasi bintang sebagai penunjuk arah para pelaut telah lama dijelaskan dalam Alquran Surat Al An'am Ayat 97.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ النُّجُومَ لِتَهْتَدُوا بِهَا فِي ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ ۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Artinya: "Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui." (Quran Surat Al An'am Ayat 97)

2. Langit memiliki gugusan bintang

Di dalam Alquran diterangkan bahwa langit memiliki gugusan bintang. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ

Artinya: "Demi langit yang mempunyai gugusan bintang." (QS Al Buruj: 1)

3. Rasi bintang sebagai penghias langit

Rasi bintang salah satunya memiliki fungsi sebagai penghias langit. Hal itu dijelaskan dalam Alquran Surat Al Hijr Ayat 16. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ

Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya)." (QS Al Hijr: 16)

Topik Menarik