Abdee Slank Sakit Gangguan Ginjal, Begini Kondisi Kesehatannya saat Ini

Abdee Slank Sakit Gangguan Ginjal, Begini Kondisi Kesehatannya saat Ini

Terkini | okezone | Rabu, 25 September 2024 - 14:30
share

ABDEE Negara atau Abdee Slank tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit untuk melakukan observasi pada organ ginjalnya. Namun, kondisi sang gitaris dikabarkan mulai membaik setelah dirawat selama sepekan terakhir. Kakak Abdee Slank, Buddy Ace, mengaku bersyukur atas membaiknya kondisi sang adik.

"Alhamdulillah, (kondisi Abdee) jauh lebih baik dari sebelumnya," kata Buddy Ace melalui pesan singkat kepada wartawan belum lama ini.

Perawatan Abdee Slank, kata Buddy, guna melakukan observasi terhadap kondisi ginjalnya. Mengingat sang adik sempat melakukan transplantasi ginjal pada 2016.

"Untuk observasi terhadap kondisi kesehatan ginjalnya, hasil transplantasi sejak Januari 2016, dari hasil observasi November 2016," tuturnya.

Observasi ginjal Abdee juga sebagai tindak lanjut setelah sang musisi terserang auto immune atau IgA Nephropathy.

"Hasil observasi menunjukkan bahwa Ginjal hasil transplantasi sembilan tahun lalu itu, kini diserang auto immune atau yang dikenal secara medis dengan sebutan, IgA Nephropathy," kata Buddy Ace.

Buddy Ace menjelaskan, IgA Nephropathy merupakan protein yang disebut antibodi, yang mana bisa membantu tubuh melawan infeksi. Hanya saja, protein itu mengendap dalam ginjal Abdee dalam jumlah banyak sehingga membuat kondisinya menurun.

"Nefropati IgA terjadi ketika terlalu banyak protein ini mengendap di ginjal. IgA terbentuk di dalam pembuluh darah kecil ginjal. Struktur di ginjal yang disebut glomerulus menjadi meradang dan rusak," ujar Buddy Ace.

"Gangguan ini dapat muncul tiba-tiba (akut), atau memburuk secara perlahan selama bertahun-tahun (glomerulonefritis kronis)," katanya.

Topik Menarik