Simbol Persahabatan, Andra Soni Dapat Mawar dari Airin saat Pengundian Nomor Urut

Simbol Persahabatan, Andra Soni Dapat Mawar dari Airin saat Pengundian Nomor Urut

Berita Utama | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 16:48
share

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten melakukan pengundian nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024. Ada dua pasangan calon yang akan berlaga pada kontestasi 27 November 2024, yakni Airin Rahmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Dari pengundian yang dilakukan, pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi mendapatkan nomor urut satu. Sementara pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah mendapatkan nomor urut dua.

Saat pengundian nomor urut, Senin 23 September 2024, terjadi momen menarik. Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi memberikan bunga mawar merah dan putih kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. 

Airin memberikan mawar kepada Andra yang dilanjutkan Ade Sumardi memberikan mawar kepada Dimyati Natakusumah. Airin juga sempat mengungkapkan, bahwa Andra sebagai sahabat. “Dan tentunya yang saya banggakan, teman saya, sahabat saya, Bang Andra Soni, upplause untuk Bang Andra Soni,” kata Airin.

Momen hangat dalam kontestasi Pilkada 2024 tergambar, ditambah ketika Iti Octavia Jayabaya yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat memeluk Airin. Padahal, Iti merupakan pendukung Andra. Namun, momen yang terjadi di malam pengundian nomor urut cermin persahabatan tetap terjaga meski mengikuti kontestasi Pilkada. Iti juga tak lupa menyalami Ade Sumardi, mantan wakilnya saat menjadi Bupati Lebak.

 

Airin berharap Pilkada Banten bisa berjalan dengan demokratis, dan penuh riang gembira. Tentunya, proses Pilkada harus berjalan dengan penuh persahabatan dan mengedepankan visi dan misi.

“Saya dan Pak Andra sebagai seorang sahabat, tentu akan menjalani proses Pilkada ini dengan penuh persahabatan dan mengedepankan visi misi yang akan kami berikan untuk masyarakat Banten,” kata Airin. 

Airin dan Andra pada saat Pilpres 2024 merupakan motor penggerak utama kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabumbing Raka di Banten. Airin menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Banten. Sedangkan Andra merupakan Ketua Gerindra Banten sekaligus Koordinator Koalisi Indonesia Maju (KIM) Banten. 

Pemberian bunga pada saat pengundian nomor urut itu dinilai sebagai tanda persahabatan. Selain itu, mawar putih merupakan cermin ketulusan dan kedamaian. 

"Bunga mawar semua orang juga tahu bahwa menandakan arti romansa, baik itu dalam hubungan pertemanan, pasangan, maupun kolega. Warna merah itu sendiri menandakan kehangatan, sedangkan warna mawar putih artinya ketulusan dan kedamaian," ujar Akademisi Untirta, Nia Kania Kurniawati dalam keterangannya, Selasa (24/9/2024). 

Perhelatan Pilkada Banten tanpa kotak kosong, menurutnya, memberikan masyarakat pada pilihan alternatif. Pihaknya mengapresiasi terhadap semua pihak yang sudah bekerja menyukseskan perhelatan pesta demokrasi.

“Apalagi tidak ada kotak kosong sehingga masyarakat punya pilihan alternatif pemimpi Banten lima tahun ke depan,” katanya.

Topik Menarik