Liga Jerman Kerap Lahirkan Bintang Baru, Jurgen Klinsmann Akui Bundesliga Ramah Terhadap Pemain Muda ketimbang Kompetisi Lain

Liga Jerman Kerap Lahirkan Bintang Baru, Jurgen Klinsmann Akui Bundesliga Ramah Terhadap Pemain Muda ketimbang Kompetisi Lain

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 09:25
share

MANTAN pelatih Bayern Munich, Jurgen Klinsmann mengakui dalam beberapa tahun terakhir banyak bintang baru justru lahir dari Liga Jerman. Menurut Klinsmann, hal itu disebabkan Bundesliga lebih ramah terhadap para pemain muda ketimbang kompetisi lain, seperti Liga Inggris, Spanyol, dan Italia.

Seperti yang diketahui, banyak nama-nama besar di dunia sepakbola saat ini justru mengawali kariernya di Bundesliga. Sebut saja seperti Erling Haaland, Jude Bellingham, Jadon Sancho, Jamal Musiala, Florian Writz, Ian Maatsen, dan masih banyak lagi.

Sebagian masih tetap bertahan bermain di Bundesliga, sisanya berpetualang dengan klub-klub besar Eropa seperti Bellingham yang kini bermain untuk Real Madrid, Christian Pulisic bersama AC Milan, hingga Haaland yang bermain untuk Manchester City.

Menurut Klinsmann, hal itu dapat terjadi karena Bundesliga ramah terhadap para pemain muda. Baginya, pelatih dan klub di Liga Jerman selalu berani memberikan para pemain muda menit bermain sehingga kerap muncul bintang baru.

“Bundesliga selalu menjadi tempat yang luar biasa untuk para pemain muda. Para pemain muda memiliki kesempatan untuk menunjukkan diri serta membuktikan diri mereka bahwa mereka bisa bersaing di level yang kompetitif,” ujar Klinsmann, dalam konferensi virtual dengan awak media, termasuk Okezone, Selasa (24/9/2024).

“Hal itu karena klub-klub di Jerman dan kebanyakan pelatih Jerman bakal mengambil risiko untuk memberikan para pemain muda itu menit bermain, memberikan mereka kesempatan untuk bermain dari bangku cadangan. Bisa 10 menit, 20 menit, bahkan 30 menit, ada juga yang dari awal laga,” tambahnya.

Topik Menarik