Benzoyl Peroxide Efektif Atasi Bau Badan? Ini Penjelasannya!

Benzoyl Peroxide Efektif Atasi Bau Badan? Ini Penjelasannya!

Terkini | okezone | Senin, 23 September 2024 - 10:17
share

BAU badan tentu saja sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini membuat beberapa orang yang memiliki masalah bau badan kerap melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Namun, ada salah satu cara anti mainstream yang belakangan sempat viral, salah satunya, yakni dengan menggunakan Benzoyl Peroxide.

Lantas, benarkah, menggunakan produk dengan bahan satu itu bisa mengatasi masalah bau badan atau bau ketiak? berikut ulasannya, melansir dari berbagai sumber, Senin (23/9/2024).

Benzoyl Peroxide merupakan kandungan yang selama ini dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, tepatnya dalam mengatasi masalah jerawat. Namun ternyata, bahan aktif ini ternyata juga bisa digunakan untuk atas mengatasi masalah bau ketiak, loh. Bau ketiak atau body odor sendiri disebabkan oleh gabungan dari menumpuknya bakteri dan keringat yang ada di badan.

Selain itu, melansir dari laman Cleveland Clinic, bau badan itu sendiri juga bisa berubah berdasarkan kondisi hormonal, makanan yang dikonsumsi, adanya infeksi, pengobatan, hingga kondisi kesehatan tertentu. Lantas, mengapa benzoyl peroxide bisa digunakan untuk atasi bau ketiak?

Pada dasarnya, bahan aktif ini memang memiliki kemampuan untuk mengurangi bakteri yang ada di kulit. Bukan hanya bakteri penyebab jerawat, namun juga bakteri penyebab bau badan, terutama di area ketiak.

Melansir di laman Glamour, dermatolog Kally Papantoniou, M.D., menyampaikan bahwa cleanser yang punya kandungan antibacterial seperti benzoyl peroxide dapat membantu mengurangi bakteri penyebab bau ketiak. Tapi perlu diingat, tidak semua antibacterial cleanser bisa mengatasi body odor, lho.

Melansir Advanced Dermatology of the Midlands, benzoyl peroxide ternyata punya sifat antibakteri yang sangat baik. Untuk itu, bisa juga dipakai untuk kurangi body odor. Sementara itu, dosis penggunaan yang dianjurkan yakni ada pada konsentrasi hingga 10 persen.

Topik Menarik