5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Picu Penyakit Diabetes

5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Picu Penyakit Diabetes

Terkini | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 20:34
share

Kasus diabetes di Indonesia hingga saat ini masih terbilang cukup tinggi. Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan angka pengidap diabetes di Indonesia mencapai 19,5 juta jiwa.

Pemicu meningkatnya kasus diabates di Indonesia sendiri karena berbagai faktor. Mulai dari faktor keturunan hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Cara deteksi paling valid untuk mengetahui apakah kita terkena diabetes atau memiliki risiko diabetes adalah dengan melakukan cek gula ke dokter. Namun tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata juga bisa menyebabkan diabetes.

Dikutip dari India Today, berikut 5 kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan diabetes.

1. Begadang

Menurut dr Ambrish Mithal dari Medanta Medicity, kebanyakan pasien yang mengidap diabetes tipe 2 disebabkan karena kurang tidur.

Selain itu, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penambahan berat badan. Hal ini merupakan faktor dari risiko perkembangan diabetes.

2. Melewatkan sarapan

Menurut dr Sandeep Kharb, seorang spesialis endokrinologi Institut Ilmu Kedokteran Asia, Faridabad, tidak sarapan pagi akan membuat seseorang lebih banyak makan di siang hari.

“Mereka yang melewatkan sarapan, cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan makanan berlemak di siang hari," kata Dr Kharb.

3. Malas bergerak

Hanya duduk, tidur-tiduran sambil memainkan gadget rupanya berpotensi membuat lingkar pinggangmu membesar.

Dr Rajesh Khadgawat dari Aiims Hospital mengatakan, setidaknya seseorang perlu melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu untuk menjaga kadar gula tetap dalam batasan yang normal.

Topik Menarik