Cegah Kriminalitas, 3.000 Titik Dipasang Lampu PJU di Tangsel

Cegah Kriminalitas, 3.000 Titik Dipasang Lampu PJU di Tangsel

Terkini | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 20:16
share

JAKARTA - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengatakan, pada 2024 telah dilakukan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU) di 3.000 titik. Penerangan di gang-gang kecil dilakukan untuk mendukung aktivitas warga, mencegah tindak kriminal dan meningkatkan rasa aman.

“Dengan adanya lampu penerangan, kejahatan bisa dihindari, anak-anak bisa mengaji dengan aman, dan warga tetap bisa beraktivitas pada malam hari tanpa kekhawatiran,” ujar Benyamin dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024).

Benyamin memastikan pemasangan lampu penerangan yang diprakarsainya berjalan sesuai target. Program Tangsel Terang ini, kata Benyamin diluncurkan sejak 2022 dengan pemasangan di 600 titik, pada 2023 mencapai 6.500 titik, dan 2024 ini targetkan 3.000 titik. 

"Dengan demikian, sudah lebih dari 10.000 titik penerangan yang berhasil kami bangun di berbagai wilayah di Tangsel ini,” tuturnya.

Dalam acara Monitoring Pembangunan Program Tangsel Terang di Jl. H. M. Amin RT 002 RW 010, Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Rabu 18 September 2024, Benyamin mengungkapkan, RT 002 RW 010 di Kelurahan Lengkong Wetan, mendapatkan alokasi 45 titik penerangan baru pada 2024.

Benyamin memastikan, penyambungan di area tersebut akan segera selesai. Ia menambahkan, bahwa Program Tangsel Terang merupakan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya di wilayah tersebut.

"Dengan lingkungan yang lebih terang dan aman, kami berharap ekonomi, sosial, dan budaya di Tangsel dapat terus bergerak tumbuh," katanya.

 

Satu tiang penerangan memakan biaya sekitar Rp2.600.000 yang dirancang agar mudah untuk perawatan. Adapun lampu yang digunakan lampu LED hemat energi. Biaya listrik sepenuhnya ditanggung Pemkot Tangsel.

Begitu juga dengan pemeliharaan dan perbaikan juga akan menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan Tangsel. Masyarakat juga bisa mengajukan pemasangan lampu penerangan.

Benyamin mengungkapkan, bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap program tersebut berdasarkan masukan dan saran dari masyarakat. Mengingat, program ini menjadi wujud nyata komitmen Pemkot Tangsel menciptakan lingkungan aman, nyaman, serta mendukung kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

"Kami akan terus mengevaluasi program ini dan mendengarkan keluhan serta saran masyarakat. Manfaatnya sudah dirasakan banyak pihak, dan Insya Allah kami akan melanjutkannya ke depan," pungkasnya.

Topik Menarik