Tendang Apple, HP China Ini Jadi Terlaris Nomor 2 di Dunia

Tendang Apple, HP China Ini Jadi Terlaris Nomor 2 di Dunia

Teknologi | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 14:07
share

JAKARTA - Produsen asal China, Xiaomi, menggeser posisi Apple sebagai smartphone terlaris nomor dua di dunia berdasarkan penjualan pada Agustus 2024. Ini merupakan untuk pertama kalinya dalam 3 tahun terakhir Xiaomi menggeser posisi Apple dalam hal penjualan bulanan. 

Sementara Samsung masih tak tergoyahkan di posisi satu. Ini berdasarkan data dari firma Counterpoint Research. 

Melansir gadget360, Jumat (20/9/2024), laporan Counterpoint menunjukkan, Xiaomi diuntungkan dengan permintaan smartphone dalam kisaran harga yang rendah. Peluncuran smartphone seri Redmi 13 dan Redmi Note 13 5G di bawah kategori harga $200 (sekitar Rp3 juta).

Hal ini memainkan peran penting dalam membantu Xiaomi mendapatkan pangsa pasar di semua pasar utamanya, terutama di India, Amerika Latin, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

Sebenarnya, pengiriman Xiaomi pada bulan Agustus tetap datar. Namun, laporan Counterpoint mengaitkan keberhasilannya dengan penurunan pengiriman musiman Apple menjelang peluncuran seri iPhone 16. 

Kedatangan jajaran iPhone 16 kemungkinan akan mendorong Apple untuk merebut kembali posisi kedua atau pertama dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini seiring peningkatan penjualan smartphone anyar tersebut.

 

Counterpoint mencatat, Xiaomi membukukan pertumbuhan yang solid pada paruh pertama 2024 dengan pertumbuhan volume penjualan sebesar 22 persen dari tahun ke tahun. 

Pertumbuhan kemungkinan akan melambat pada paruh kedua karena efek dasar mereda. Namun, Xiaomi kemungkinan masih akan mencatat pertumbuhan dua digit yang kuat untuk tahun penuh 2024.


 

Topik Menarik