Gempa Guncang Bandung, BNPB: Rumah Penduduk hingga Ruko Rusak

Gempa Guncang Bandung, BNPB: Rumah Penduduk hingga Ruko Rusak

Nasional | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 12:45
share

JAKARTA - Gempa dengan magnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024), pukul 09.41 WIB. Dampak gempa ini menyebabkan sejumlah kerusakan pada rumah warga hingga bangunan ruko.

"Hasil asesmen sementara dan laporan visual yang kami terima di BNPB memang gempa ini mengakibatkan kerusakan rumah masyarakat, ruko dan beberapa infrastruktur publik khususnya di Desa Pengalengan, Desa Kertasari Bumi," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari, Rabu (18/9/2024).

"Untuk rumah-rumah penduduk kami sudah menerima laporan visual berupa foto dan video kemudian ada di Desa Cibeureum dan Cihawuk untuk kerusakan beberapa fasilitas publik," sambungnya.

Abdul mengatakan, tim reaksi cepat dari BNPB juga telah meluncur ke lokasi-lokasi yang terdampak gempa bumi. 

"Siang ini sudah akan dikirim tim untuk melakukan kaji cepat situasi dan dukungan-dukungan yang sekiranya diperlukan oleh pemerintah daerah untuk fase-fase tanggap darurat," ucapnya.

 

Sebagai informasi, Gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung itu tidak berpotensi tsunami. Sementara itu BMKG melaporkan bahwa lokasi gempa berada di titik koordinat 7,19 Lintang Selatan dan 107,67 Bujur Timur. Pusat gempa terletak di 24 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 10 Km.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam laman resminya.

BMKG menyarankan agar hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.
 

Topik Menarik