Labfor Polda Jatim Olah TKP di Pasar Comboran Malang, Ini Hasilnya

Labfor Polda Jatim Olah TKP di Pasar Comboran Malang, Ini Hasilnya

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 19:17
share

MALANG - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur mencari penyebab kebakaran Pasar Comboran Malang. Tim Labfor menyisir dua area lantai di pasar yang berada di Jalan Muh. Yamin dan Irian Jaya.

Tim Labfor awalnya menyisir di lantai dua pasar di sisi selatan. Kemudian mereka naik ke sisi barat lantai tiga, tepatnya di lapak pedagang yang tersimpan pakaian bekas. Kemudian tim terus menyisir di area sekitar lantai tiga tepatnya hingga ke parkiran, yang menghanguskan 11 mobil.

Wakasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP M. Roichan menyatakan, ada beberapa titik dari bangunan pasar mulai dari sisi timur di lantai 3. Pemeriksaan ini untuk memastikan apakah kebakaran itu disengaja atau dibakar, atau tidak sengaja.

"Jadi kita nanti menunggu di dalamnya dari sat Reskrim itu menunggu hasil laporan Labfor, sementara itu aja. Untuk pemeriksaannya fokusnya lapor itu ya di lantai tiga tempat kebakaran tersebut terjadi beberapa," ucap M. Roichan di sela-sela pemeriksaan Labfor Polda Jawa Timur, Selasa (17/9/2024).

Roichan menyebutkan, bila hasil dari pemeriksaan sepanjang hari Selasa ini, nantinya akan dikirimkan ke Satreskrim Polresta Malang Kota sebagai bahan untuk penyelidikan dugaan penyebab kebakaran, termasuk menentukan bila ada unsur kesengajaan dibakar, yang nantinya proses penyelidikan akan diserahkan ke Satreskrim Polresta Malang Kota.

"Pencarian titik awal dari sumber kebakaran atau penyebabnya. Untuk sementara masih belum selesai dilaksanakan, pemeriksaannya untuk hasil nanti akan diberitahukan secara bersurat melalui dari dari Bidlabfor Polda Jatim," terangnya.

 

Hingga Selasa petang, proses olah TKP dan penyelidikan masih berlangsung. Dimana dua lokasi menjadi fokus dari pemeriksaan tim Labfor Polda Jawa Timur. Makanya perihal barang bukti apa saja yang dibawa, pihaknya belum mengetahuinya.

"(Barang bukti yang dibawa) Masih belum tahu. Cuma tadi waktu kita dampingi ada dua lokasi yang di atas di fokuskan ke sana dari pihak laporan. (Pemeriksaan dilakukan) Hari ini, makanya sampai saat ini belum selesai, sampai selesai kita tunggu nanti," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pasar Comboran Baru sisi barat terbakar. Api diketahui muncul sekitar pukul 18.15 WIB, Jumat malam (13/9/2024), dari sisi lantai dua bagian selatan. Api kemudian merambat ke area lantai tiga dan seluruh bagian bangunan di lantai dua dan tiga.

Proses pemadaman api berlangsung melibatkan setidaknya 10 armada Damkar, dan tiga unit mobil tangki air dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Api sendiri baru berhasil dipadamkan sekitar 3,5 jam atau sekitar pukul 21.30 WIB.

Pemeriksaan olah TKP dilakukan sejak pukul 13.00 WIB, hingga terlihat sekitar pukul 16.30 WIB masih belum selesai atau sekitar 3,5 jam pemeriksaan di lokasi kejadian.

Topik Menarik