PBB Bahas Rancangan Resolusi Diakhirinya Pendudukan Israel Atas Semua Wilayah Palestina dalam 12 Bulan

PBB Bahas Rancangan Resolusi Diakhirinya Pendudukan Israel Atas Semua Wilayah Palestina dalam 12 Bulan

Global | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 18:17
share

PALESTINA - Negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (17/9/2024) dijadwalkan akan membahas rancangan resolusi yang menuntut diakhirinya pendudukan Israel atas semua wilayah Palestina dalam waktu 12 bulan. Meski resolusi Majelis Umum ini tidak mengikat, tetapi Israel telah mengecam rancangan resolusi baru tersebut sebagai hal yang memalukan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa tidak ada yang membenarkan hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina. "Kami semua mengutuk serangan teror yang dilakukan oleh Hamas, serta penyanderaan, yang merupakan pelanggaran mutlak terhadap hukum humaniter internasional," katanya.

"Tetapi kenyataannya adalah tidak ada yang membenarkan hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina, dan itulah yang kita saksikan secara dramatis di Gaza,” lanjutnya.

Sementara itu, di Gaza tengah pada Senin (16/9/2024), para penyintas menyisir puing-puing setelah Israel mengebom kamp pengungsi Nuseirat.

Seorang petugas medis di Rumah Sakit (RS) Al-Awda mengatakan sepuluh orang tewas dan 15 orang terluka dalam serangan terhadap rumah keluarga Al-Qassas di Nuseirat.

"Rumah saya diserang saat kami sedang tidur tanpa peringatan sebelumnya," kata penyintas Rashed al-Qassas.

 

Menurut AFP berdasarkan angka resmi Israel, serangan 7 Oktober di Israel selatan yang memicu perang mengakibatkan kematian 1.205 orang, sebagian besar warga sipil.

Hamas juga menangkap 251 sandera, 97 di antaranya masih ditahan di Gaza, termasuk 33 orang yang menurut militer Israel telah tewas.

Serangan militer balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 41.252 orang di Gaza, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas, yang tidak memberikan rincian kematian warga sipil dan militan.

Topik Menarik