Banjarnegara Diguncang Dua Kali Gempa Beruntun Kekuatan M3,0 dan M2,7

Banjarnegara Diguncang Dua Kali Gempa Beruntun Kekuatan M3,0 dan M2,7

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 11:48
share

JAKARTA - Dua kali gempa beruntun mengguncang Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (17/9/2024). BMKG menyatakan bahwa gempa pertama bermagnitudo (M) 3,0 yang terjadi pada pukul 08.15 WIB, dan gempa kedua M2,7 pukul 10.53 WIB.

Episenter gempa pertama terletak pada koordinat 7.27 derajat LS; 109.66 derajat BT, tepatnya di darat pada jarak 16 km arah Barat Laut Banjarnegara, Jateng dengan kedalaman 8 Km. Sementara itu, episenter gempa kedua pada koordinat 7.27 derajat LS; 109.66 derajat BT dengan kedalaman 10 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif,” ungkap Kepala Stageof Banjarnegara, Hery S Wibowo dalam keterangan resminya.

Guncangan gempa bumi dengan kekuatan M3,0 dirasakan di daerah Banjarnegara II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

 

Hery mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbaunya.

Topik Menarik