Aturan Unik Timnas Inggris di Euro 2024: Gareth Southgate Larang Pemain Bahas soal Adu Penalti Selama Turnamen

Aturan Unik Timnas Inggris di Euro 2024: Gareth Southgate Larang Pemain Bahas soal Adu Penalti Selama Turnamen

Berita Utama | okezone | Senin, 8 Juli 2024 - 16:37
share

DORTMUND Pelatih Tim Nasional ( Timnas) Inggris , Gareth Southgate memiliki cara yang unik untuk membantu timnya menjuarai Euro 2024 . Salah satunya terkait para pemain Inggris yang dilarang membahas apapun mengenai adu penalti selama turnamen Piala Eropa empat tahunan tersebut berlangsung.

The Three Lions -julukan Timnas Inggris- berhasil mengamankan tiket ke semifinal Piala Eropa 2024. Hasil itu didapat setelah mereka mengalahkan Swiss dalam adu penalti dengan skor 5-3 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Jordan Pickford menjadi pahlawan bagi Inggris dalam adu penalti itu karena dia sukses menepis tendangan Manuel Akanji di percobaan pertama. Setelah itu, Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney dan Trent Alexander-Arnold berhasil menjalankan tugas mereka dengan baik sebagai eksekutor.

Namun ternyata, kemenangan dalam adu penalti itu bukanlah keberuntungan. Southgate telah berusaha keras untuk membenahi rekor buruk Inggris dalam babak tos-tosan dengan menggunakan beberapa strategi untuk membangun kepercayaan diri anak buahnya.

Jasa analis dan psikolog pun juga digunakan oleh Southgate. Selain itu, menurut laporan Sport Bible yang dilansir pada Senin (8/7/2024), pelatih berusia 53 tahun tersebut juga mengeluarkan larangan total kepada para pemainnya untuk bicara soal adu penalti dalam upaya untuk menghentikannya agar tidak menjadi obsesi yang besar.

Dalam laporan tersebut, Pickford, Marc Guehi dan Ezri Konsa diklaim telah dilarang menjawab pertanyaan tentang adu penalti selama Piala Eropa 2024 di Jerman. Bahkan, Southgate juga mengandalkan salah seorang stafnya yang berbicara soal teknik penalti.

Sosok tersebut adalah Chris Markham, yang bekerja sebagai Game Insights Lead di FA selama empat tahun. Dia dipercaya telah membantu mengubah mental para pemain Inggris dalam adu penalti.

Topik Menarik