Kisah Miris Philippe Troussier, Mantan Pelatih Vietnam yang <i>Nyari</i> Loker ke Timnas India Usai Dipermalukan Shin Tae-yong Tiga Kali

Kisah Miris Philippe Troussier, Mantan Pelatih Vietnam yang Nyari Loker ke Timnas India Usai Dipermalukan Shin Tae-yong Tiga Kali

Terkini | okezone | Senin, 8 Juli 2024 - 11:36
share

KISAH miris Philippe Troussier, mantan pelatih Vietnam yang mencari lowongan pekerjaan ke Timnas India usai dipermalukan Shin Tae-yong tiga kali, menarik untuk diulas. Sebab, ia seperti tak diinginkan banyak negara.

Kekalahan pertama Troussier dari Timnas Indonesia asuhan Shin terjadi di babak fase grup Piala Asia 2023 pada Januari 2024. Kala itu, Nguyen Tien Linh dan kolega harus takluk dengan skor tipis 0-1 berkat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Beranjak ke bulan Maret, Timnas Vietnam dua kali harus berhadapan dengan Skuad Garuda. Dan semuanya berakhir dengan kekalahan yang memalukan.

Pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, Timnas Vietnam bertandang lebih dahulu ke Indonesia. Bermain di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), tim tamu kalah lagi dengan skor 0-1 berkat gol Egy Maulana Vikri.

Pada pertemuan kedua yang digelar lima hari berselang, Vietnam diuntungkan karena bermain di My Dinh Stadium. Stadion itu momok mengerikan Timnas Indonesia selama 20 tahun lamanya.

Namun berkat kejeniusan Shin, Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah dengan skor telak 3-0. Ini menjadi pukulan keras bagi pelatih asal Prancis itu karena menjadi kali ketiga dipermalukan oleh koleganya asal Korea Selatan tersebut.

Akibat kekalahan memalukan di kandang sendiri, Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) dengan sigap mengambil langkah cepat, yakni memecat Troussier. Akibatnya, eks pelatih Timnas Jepang itu menganggur.

Setelah lama tak terdengar kabarnya, baru-baru ini terkuak Troussier tengah mendaftar untuk menjadi pelatih Timnas India. Federasi sepakbola India (AIFF) memang mencari sosok pelatih hebat untuk menangani skuad Blue Tigers.

Topik Menarik