Debat Pilpres AS Memanas, Joe Biden Tersandung Lebih Awal dan Donald Trump Lontarkan Tuduhan Kebohongan

Debat Pilpres AS Memanas, Joe Biden Tersandung Lebih Awal dan Donald Trump Lontarkan Tuduhan Kebohongan

Global | okezone | Jum'at, 28 Juni 2024 - 11:34
share

ATLANTA - Presiden Partai Demokrat Joe Biden mengalami awal yang goyah dalam debat pada Kamis (27/6/2024), sementara saingannya dari Partai Republik Donald Trump melontarkan serangkaian serangan yang mencakup banyak kebohongan. Debat ini memanas ketika dua kandidat presiden tertua ini saling berargumen di panggung menjelang pemilu Amerika Serikat (AS) pada November mendatang.

Kedua tokoh tersebut saling bertukar serangan terhadap aborsi, imigrasi, perang di Ukraina dan Gaza. Termasuk cara mereka menangani perekonomian ketika keduanya berupaya untuk mengubah apa yang menurut jajak pendapat menunjukkan persaingan yang hampir sama selama berbulan-bulan.

Biden yang terdengar serak beberapa kali tersandung dalam kata-katanya selama setengah jam pertama debat, Namun ia menemukan pijakannya di tengah jalan ketika ia menyerang Trump karena hukumannya karena menutupi pembayaran uang tutup mulut kepada bintang porno Stormy Daniels. Biden pun dan memanggil Trump dengan julukan seorang penjahat.

Tak mau kalah, Trump merespons julukukan itu dengan mengemukakan hukuman baru-baru ini terhadap putra Biden, Hunter, karena berbohong tentang penggunaan narkoba untuk membeli senjata.

Beberapa saat kemudian, Biden mencatat bahwa hampir semua mantan anggota kabinet Trump, termasuk mantan Wakil Presiden Mike Pence, belum mendukung kampanyenya.

“Mereka mengenalnya dengan baik, mereka bertugas bersamanya,” katanya.

“Mengapa mereka tidak mendukungnya?,” lanjutnya.

Dua pejabat Gedung Putih mengatakan Biden menderita flu. Namun kinerjanya yang tidak seimbang dapat memperdalam kekhawatiran pemilih bahwa presiden berusia 81 tahun itu terlalu tua untuk menjalani masa jabatan empat tahun lagi.

Topik Menarik