Bagas Nursatwika, Mahasiswa ISI Surakarta Juarai Lomba Macapat Tingkat Provinsi DIY

Bagas Nursatwika, Mahasiswa ISI Surakarta Juarai Lomba Macapat Tingkat Provinsi DIY

Nasional | badung.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 19:30
share

YOGYAKARTA, iNewsbadung.id Bagas Nursatwika, mahasiswa Program Studi (Prodi) Karawitan ISI Surakarta juarai lomba macapat kategori dewasa, tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Bagas Nursatwika merasa bersyukur dan bangga karena dapat membawa pulang penghargaan ini luar biasa ini, sehingga dirinya berharap dapat mempertahankan, mencintai dan melestarikan budaya. 

"Setelah pencapaian ini, saya berencana terus mengembangkan keterampilan di bidang macapat, serta berpartisipasi dalam berbagai kompetisi dan kegiatan budaya lain di masa mendatang," ujar Bagas Nursatwika usai menerima penghargaan belum lama ini. 

Sebagai salah satu bentuk puisi tradisional Jawa, macapat membutuhkan keterampilan khusus dalam penyampaian dan penghayatan terhadap makna dan irama.

Namun, Bagas Nursatwika mampu  memukau para juri dengan penampilan yang memadukan teknik vokal luar biasa, melalui pemahaman mendalam tentang nilai-nilai budaya yang terkandung dalam setiap bait macapat yang dibawakan.

Berhasil menyabet juara satu mengalahkan peserta lain dari kabupaten kota di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah membuat semangat Bagas Nursatwika
untuk terus berkarya,  mempertahankan warisan leluhur. 

 

Tingginya minat peserta terhadap seni macapat yang merupakan rangkaian Lomba Bahasa dan Sastra ini menambah semangat bagi para pelaku seni dan pecinta budaya tradisional Jawa. 

Lomba Bahasa dan Sastra adalah ajang tahunan, di mana bertujuan melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya bahasa dan sastra di Indonesia, terutama kebudayaan Jawa.

Acara ini diikuti berbagai kalangan, mulai dari pelajar sampai masyarakat umum, mencakup berbagai kategori lomba, yakni geguritan, pranatacara, mendongeng, macapat dan lainya. 

Semoga tulisan tentang Bagas Nursatwika, Mahasiswa ISI Surakarta Juarai Lomba Macapat Tingkat Provinsi DIY, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik