Pesan Menlu Retno saat Rapat Terakhir Bersama DPR: Jangan Biarkan Bangsa Palestina Berjuang Sendiri

Pesan Menlu Retno saat Rapat Terakhir Bersama DPR: Jangan Biarkan Bangsa Palestina Berjuang Sendiri

Nasional | okezone | Kamis, 12 September 2024 - 14:55
share

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melempar salam ojigi, saat rapat terakhir bersama Komisi I DPR RI, Kamis (12/9/2014). Salam ojigi, merupakan budaya membungkukkan badan orang Jepang pada saat memberi salam, meminta maaf hingga berterima kasih. Menlu Retno pun di sesi tersebut menitipkan isu Palestina kepada Komisi I DPR.

Salam ojigi, dilemparkan Retno sebelum mengakhiri rapat Komisi I DPR RI, di ruang rapat komisi luar negeri DPR RI itu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2024). Ia pun menyampaikan, hari ini kali terakhir dirinya rapat bersama Komisi I DPR RI.

"Ibu ketua, pimpinan, anggota komisi I yang sangat saya hormati. Hari ini merupakan hari terakhir pertemuan antara Kemenlu dengan Komisi I DPR untuk masa bakti saat ini," tutur Menlu Retno di forum rapat.

Kemudian, Menlu Retno pun mengatakan, Pemerintah dan DPR RI telah saling memperkuat dan mendukung proses diplomasi Indonesia dengan dunia internasional.

"Saya sangat terhormat mendapatkan amanah dan tanggung jawab, menjadi kapten diplomasi Indonesia selama 10 tahun. Amanah tersebut sebentar lagi akan selesai," ucap Menlu Retno.

Sebagai warga negara biasa, Menlu Retno bertekad akan terus berkontribusi untuk Indonesia. Ia pun menyatakan tak akan pernah lelah mencintai Tanah Air.

"Saya tidak akan pernah lelah untuk mencintai Indonesia, saya akan terus berusaha memberikan kebajikan bagi indonesia dan saya yakin ibu bapak juga akan melakukannya," tutur Menlu Retno.

"Indonesia deserve mendapatkan kebajikan dari kita, di tengah situasi dunia yang penuh tantangan, keteguhan diperlukan agar kita dihormati dan dapat tegak berjalan memperjuangkan kepentingan Indonesia," imbuhnya.

Menlu Retno pun optimistis, Indonesia menjadi lebih baik ke depannya. Ia pun berpesan pada Komisi I DPR RI ke depan untuk tetap berdiri bersama Palestina.

"Ibu bapak, salah satu isu yang ingin saya titipkan terutama untuk Komisi I yang akan datang adalah mengenai Palestina. Tadi pimpinan menyatakan mengenai Palestina, jangan tinggalkan bangsa Palestina berjuang sendirian di tengah hak-hak mereka dirampas," terang Menlu Retno.

"Ibu bapak selamat bekerja apapun amanah yang ibu bapak akan jalankan ke depan, saya mohon pamit dan saya mohon maaf jika dalam pelaksanaan tugas ada yang membuat ibu bapak kurang berkenan. Sekali lagi jangan pernah lelah mencintai Indonesia, jangan pernah lelah berbuat baik untuk Indonesia," ucap Menlu Retno.

Lantas, Menlu Retno beranjak dari kursinya dan berdiri untuk melempar salam ojigi. Ia pun membungkukan badanya ke hadapan pimpinan dan anggota Komisi I DPR. "Terima kasih sekali lagi, saya mohon pamit ibu bapak," tandasnya.

Topik Menarik