1.100 Mahasiswa UI Bertolak ke Jakarta Demo Tolak Revisi UU Pilkada di DPR RI

1.100 Mahasiswa UI Bertolak ke Jakarta Demo Tolak Revisi UU Pilkada di DPR RI

Nasional | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 13:24
share

DEPOK - Seribuan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bertolak dari kampusnya di Depok menuju Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024), untuk bergabung dengan massa lainnya yang berunjuk rasa menolak pengesahan Revisi Undang-Undang Pilkada yang mengabaikan putusan MK. Mereka berangkat ke Jakarta menggunakan bus dan angkot.

Pantauan Okezone di Lapangan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) UI, puluhan bus hingga angkot akan membawa ribuan mahasiswa UI dengan pengawalan. Terlihat mahasiswa UI kompak mengenakan baju hitam lengkap dengan jaket kuning (Jakun UI).

Terlihat pula sejumlah spanduk bertuliskan kritikan tertempel di badan bus yang membawa mahasiswa UI seperti 'Tolak Politik Dinasti', 'Jangan Obok-Obok Demokrasi Kami', dan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), Verrel Uziel mengatakan agenda hari ini yakni mengawal Putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang berusaha digagalkan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dengan mengebut Revisi UU Pilkada.

"Agenda hari ini tentu kita ingin mengawal Putusan MK yang kemarin sudah diterbitkan, tetapi berusaha untuk dianulir, digagalkan oleh DPR dengan menerbitkan RUU Pilkada maka dari itu mahasiswa UI akan hadir di DPR RI untuk mengawal jangan sampai akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat kita membuat semacam gerakan gerakan yang tidak dikehendaki oleh rakyat," kata Verrel saat ditemui di UI, Depok, Kamis (22/8/2024).

"Data terakhir Mahasiswa UI yang akan hadir ke DPR, 1.100 kurang lebih itu lah perkiraan massa UI yang akan membersamai nanti BEM se-UI semua unsur BEM UI dan 15 BEM Fakultas yang ada," tambahnya.

Sementara itu, Rapat Paripurna dengan agenda pengesahan RUU Pilkada di DPR RI ditunda akibat jumlah anggota ya

Topik Menarik