Peristiwa 21 Agustus: Perjanjian Sunda-Portugal hingga Hari Maritim Nasional

Peristiwa 21 Agustus: Perjanjian Sunda-Portugal hingga Hari Maritim Nasional

Nasional | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 05:05
share

SEJUMLAH peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada tanggal 21 Agustus. Okezone pun coba merangkum beberapa di antaranya, sebagaimana dinukil dari Wikipedia.org, Rabu (21/8/2024).

1522 Perjanjian Sunda-Portugal

Kerajaan Portugal dan Kerajaan Pasundan mengadakan perjanjian persahabatan yang memperbolehkan Portugis membuat benteng di Sunda Kelapa.

Perjanjian tersebut diabadikan dalam Prasasti Perjanjian Sunda-Portugal yang berbentuk tugu batu. Prasasti ini sempat hilang, namun berhasil ditemukan pada 1981.

1945 Hari Maritim Nasional

Tanggal 21 Agustus dijadikan Hari Maritim Nasional. Peringatan ini juga menjadi sejarah ketika Angkatan Laut Republik Indonesia berhasil merebut kekuasan laut dari tentara Jepang.

1945 Pasukan Polisi Republik Indonesia Didirikan

Sejak Indonesia menyatakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Inspektur Kelas I (Letnan Satu) Polisi Mochammad Jassin memproklamasikan Pasukan Polisi Republik Indonesia sebagai langkah awal yang dilakukan selain mengadakan pembersihan dan pelucutan senjata terhadap tentara Jepang yang kalah perang.

Kemudian mulai 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah Tahun 1946 Nomor 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada perdana menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga kini.

2014 MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa

Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melayangkan gugatan hasil Pemilihan Presiden 2014 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pada 21 Agustus 2014, MK menolak seluruh gugatan yang diajukan, dan menandakan kontestasi demokrasi tersebut dimenangkan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Topik Menarik