Presiden Jokowi Bentuk Badan Gizi Nasional, Sasar Siswa hingga Ibu Menyusui

Presiden Jokowi Bentuk Badan Gizi Nasional, Sasar Siswa hingga Ibu Menyusui

Nasional | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 10:28
share

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membentuk Badan Gizi Nasional. Pembentukan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2024 Tentang Badan Gizi Nasional yang ditandatangani pada tanggal 15 Agustus 2024.

"Badan Gizi Nasional adalah lembaga pemerintah yang dibentuk oleh Presiden untuk melaksanakan tugas pemenuhan gizi nasional," bunyi Pasal 1 ayat (1) yang dilihat pada Minggu (18/2024). 

Disebutkan, Pimpinan adalah Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil  Kepala Badan Gizi Nasional. Kemudian untuk peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. 

Adapun, Badan Gizi Nasional merupakan lembaga negara pemerintah yang berada di bawah dan tanggung jawab presiden yang mempunyai tugas untuk melaksanakan pemenuhan gizi nasional. 

Badan Gizi nasional mempunyai fungsi untuk koordinasi, perumusan, dan penetapan kebijakan teknis di bidang sjstem dan tata kelola, penyediaan dan penyaluran, promosi dan kerja sama, serta pemantauan dan pengawasan gizi nasional. 

 

Kemudian, Badan Gizi Nasional mempunyai sasaran pemenuhan gizi terhadap peserta didik pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di lingkungan pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan keagamaan, pendidikan husus, pendidikan layanan khusus, dan pendidikan pesantren. 

Selanjutnya, anak usia di bawah lima tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui. 

Topik Menarik