Pekan Depan, KIM Plus Bakal Umumkan Pasangan RK di Pilgub Jakarta

Pekan Depan, KIM Plus Bakal Umumkan Pasangan RK di Pilgub Jakarta

Nasional | okezone | Rabu, 14 Agustus 2024 - 16:47
share

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus telah bersepakat untuk umumkan pendamping Ridwan Kamil (RK) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta pada awal pekan depan.

"Kami sepakat akan mengumumkan Pada 19 Agustus kemungkinan siang atau sore," kata Dasco saat ditemui di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Saat disinggung nama yang akan diumumkan ialah Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS Suswono, Dasco tak membantah. Namun, ia meminta awak media untuk menunggu hasil yang akan diumumkan.

"Saksikan tanggal main," tutur Dasco.

Kendati demikian, Dasco berkata, Suswono merupakan salah satu kandidat pendamping RK di Pilgub Jakarta. Apalagi, kata Dasco, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) telah mengakui Suswono menjadi salah satu usulan untuk cawagub RK.

"Ya itu kan nama yang beredar. Ada juga ya tadi mungkin Pak Zul juga sudah ngomong," kata Dasci.

"Tapi pokoknya kita akan resminya umumkan nanti tanggal 19 siang atau sore," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengaku, sudah ada usulan Suswono untuk menjadi cawagub RK di Pilgub Jakarta. Hal itu diungkapkan pria yang akrab disapa Zulhas saat menjamu Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kantor PAN, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2024).

Dalam pertemuan itu, Zulhas mengaku tak berbicara politik dengan Kaesang. Menteri Perdagangan (Mendag) ini pun menegaskan bahwa KIM Plus telah sepakat untuk mengusung RK di Pilgub Jakarta 2024.

"Enggak, ga ngomong politik cuma kalau di Jakarta kita sudah sepakat KIM Plus yang Plus nya belum bicara sih, tapi yg KIM sudah sepakat RK," tutur Zulhas usai pertemuan.

Saat disinggung perihal sosok pendamping RK di Pilgub Jakarta, Zulhas mengaku beluk ada keputusan dari KIM Plus. "Wakilnya, yaitu tadi hanya belum dibicarakan lengkap di KIM, kalo RK-nya sudah," kata Zulhas.

Saat disinggung kans Kaesang menjadi cawagub RK, Zulhas mengaku sudah ada usulan Suswono. Namun, ia tak jelaskan lebih detil usulan itu dilayanhkan oleh siapa.

"Ya ada yang sudah mengusulkan Suswono (jadi cawagub RK)," kata Zulhas.

Topik Menarik