Megawati Sudah Terima Undangan Upacara 17 Agustus di IKN, Datang atau Tidak?

Megawati Sudah Terima Undangan Upacara 17 Agustus di IKN, Datang atau Tidak?

Nasional | okezone | Kamis, 8 Agustus 2024 - 19:55
share

JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri sudah menerima undangan dari Istana terkait upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

"Undangan sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai menteri sekretaris kabinet," kata Hasto di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).

Saat dikonfirmasi awak media apakah Megawati akan memenuhi undangan tersebut atau tidak, Hasto mengatakan hal tersebut masih bersifat situasional. 


Mengingat, ada sejumlah kegiatan yang masih difokuskan Megawati saat ini. 

"Ibu Mega saat ini concern terhadap persiapan untuk paskibraka yang akan dikirim ke IKN, dan semua telah dipersiapkan denhan detil," ujarnya.

"Sehingga tentang kehadiran ibu Mega dengan undangan tersebut tentu suatu kehormatan, sebagai presiden kelima, tetapi nanti itu akan disampaikan pada waktu yang tepat," tuturnya melanjutkan.

 

Diberitakan sebelumnya, Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu 17 Agustus 2024 akan dipusatkan di lapangan Istana Merdeka, Jakarta Pusat dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Masyarakat diberikan kesempatan menghadiri upacara ini, caranya harus mendaftar dulu via website resmi Istana Kepresidenan.

Kuotanya di Istana Merdeka 1.500 orang untuk upacara penaikan bendera di pagi, dan 1.500 orang untuk upacara penurunan bendera pada sore harinya. Sementara di IKN kuotanya dibatasi 1.000 orang untuk pagi dan 1.000 orang pada upacara penurunan bendera di sorenya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa khusus upacara 17 Agustus 2024 di IKN, maka pihaknya memprioritaskan untuk warga setempat, meski masyarakat luar juga dibolehkan mendaftar untuk dapat undangan.

"Jadi mana yang lebih cepat mendaftar, itu yang bisa mendapatkannya (undangan)," kata Heru Budi, Senin 5 Agustus 2024.

Topik Menarik