Jokowi Minta Maaf Jelang Purnatugas, Apa Kata Kaesang?

Jokowi Minta Maaf Jelang Purnatugas, Apa Kata Kaesang?

Nasional | okezone | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 21:43
share

JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep turut angkat suara ihwal permohonan maaf sang ayah yang juga menjabat Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) jelang purnatugas. Menurutnya, setiap manusia tak luput dari kesalahaan.

"Saya rasa itukan sebagai seorang presiden pasti juga tidak sempurna, tidak ada mahluk hidup di dunia ini yang sempurna, pasti ada yang melakukan kesalahan," kata Kaesang saat ditemui di Flypower Indonesia, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2024).

Kendati demikian, Kaesang menilai, permohonan maaf yang dilontarkan Jokowi merupakan manusiawi. Apalagi, permohonan maaf dilayangkan jelang pensiun.

"Jadi saya rasa itu hal yang manusiawi untuk mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia bahwa habis ini pensiun," tutur Kaesang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jelang purnatugas pada Oktober 2024 mendatang. Dia menyampaikan maaf atas kesalahan yang diperbuat selama memimpin negara bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan yang baik ini di hari pertama bulan kemerdekaan bulan Agustus dengan segenap kesungguhan dan kerendahan hati izinkanlah saya dan Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin ingin memohon maaf yang sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini, kata Jokowi dalam sambutannya dalam Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Khususnya selama kami berdua menjalankan amanah sebagai presiden Republik Indonesia dan sebagai wakil presiden Republik Indonesia, kata sambungnya.

Dia mengakui tidak bisa memenuhi seluruh harapan masyarakat selama menjadi kepala negara. Kami sangat menyadari bahwa sebagai manusia kami tidak mungkin dapat menyenangkan semua pihak, kami juga tidak mungkin dapat memenuhi harapan semua pihak, ujarnya.

Topik Menarik