Muhammadiyah Siap Kelola Tambang, Muhadjir Effendi Jadi Ketua Tim

Muhammadiyah Siap Kelola Tambang, Muhadjir Effendi Jadi Ketua Tim

Nasional | okezone | Minggu, 28 Juli 2024 - 13:16
share

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menunjuk Muhadjir Effendi menjadi Ketua Tim Pengelola Tambang dari PP Muhammadiyah. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu akan menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah Bidang Bisnis dan Ekonomi.

"Bahkan kami sekaligus karena sikap kewaspadaan dan keseksamaan, kecermatanyang kami lakukan menyusun membikin tim pengelolaan tambang yang diketuai oleh Prof Muhadjir Effendi sebagai Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi bisnis dan ekonomi," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam konferensi pers, Minggu (28/7/2024).

Dengan demikian, PP Muhammadiyah telah memutuskan untuk menerima pengelolaan tambang dari Pemerintah lewat yang lampu hijaunya diturunkan lewat peraturan pemerintah Nomor 25 tahun 2024. Muhammadiyah meyakinkan keputusan menerima tambang ini dilandasi basis keilmuaan.

"Ketika ada tawaran resmi yang tentu ini punya politic will yang baik dari pemerintah tidak serta merta menerima tapi juga tidak serta merta langsung menolak karena kami selalu punya prinsip menerima menolak dan melakukan langkah apapun dalam pergerakan muhammadiyah itu harus berdasarkan ilmu yang diajarkan oleh Islam," jelasnya.

Keputusan PP Muhammadiyah dibacakan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti pada Konsolidasi Nasional Muhammadiyah di Yogyakarta, 27-28 Juli 2024.

"Rapat pleno PP Muhammadiyah 13 Juni 2024 memutuskan bahwa Muhamamdiyah siap mengelola usaha pertambangan sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 25 tahun 2024 dengan pertimbangan yakni," kata Sekretaris Umum PP Muhammdiyah Abdul Mu'ti.

Topik Menarik