Mochammad Afifuddin, Jebolan UIN Jakarta yang Kini Jadi Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asyari

Mochammad Afifuddin, Jebolan UIN Jakarta yang Kini Jadi Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asyari

Nasional | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 07:12
share

JAKARTA - Jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rapat pleno terkait pengganti Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas pelanggaran kode etik. Komisioner KPU menyepakati ditunjuknya Mochammad Afifuddin menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU.

"Hasil pleno sudah memutuskan secara bulat kami bersepakat untuk memberikan mandat kepada pak Mochammad Afifuddin menjadi pelaksana tugas ketua KPU untuk melakukan tugas organisasi," kata Komisioner KPU Augus Mellaz, di Kantor KPU, Kamis (4/7/2024).

Afifuddin akan menjabat hingga Ketua KPU dipilih secara definitif. Adapun pemilihan pengganti Hasyim Asy'ari diketahui menunggu Keputusan Presiden.

Dikutip dari berbagai sumber, Mochammad Afifuddin, S.Th.I., M.Si adalah aktivis demokrasi Indonesia yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia sejak 5 Juli 2024 menggantikan Hasyim Asy'ari.

Ia menjabat sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum sejak 2022. Sebelumnya ia menjabat sebagai Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia periode 2017–2022.

Mochammad Afifuddin dilahirkan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada 1 Februari 1980. Ia meraih gelar Sarjana Jurusan Tafsir Hadits dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah pada 2004.

Selama di kampus, ia aktif dalam organisasi kemahasiswaan dengan menjabat sebagai Presiden Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2000–2001, Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Syarif Hidayatullah, serta Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) PMII kemudian Bendahara Umum PB PMII.

Ia meraih gelar Magister Ilmu Komunikasi peminatan komunikasi politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2007.

Afifuddin memulai karier sebagai relawan pemantau tempat pemungutan suara pada pemilihan umum 1999. Setamat magister, ia bekerja di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia UIN Syarif Hidayatullah dalam bidang isu Islam dan demokrasi.

Ia bergabung di Sekretariat Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR). Pada 2009 hingga 2011, ia diangkat menjadi Manajer Riset JPPR. Pada 2013, ia menjadi Koordinator Nasional JPPR hingga 2015, dan menjadi dewan pengarah JPPR hingga 2017. Selain itu, pada 2015 ia juga menjadi Program Advisor General Election Network for Disability Access.

Topik Menarik