Menkominfo Didesak Mundur Imbas Peretasan PDN, Wapres: Itu Urusan Presiden

Menkominfo Didesak Mundur Imbas Peretasan PDN, Wapres: Itu Urusan Presiden

Nasional | okezone | Jum'at, 28 Juni 2024 - 17:37
share

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut merespon desakan publik agar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya buntut peretasan Pusat Data Nasional (PDN) oleh Ransomware Brain Cipher Lockbit 3.0.

Sebelumnya, Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) menggalang petisi melalui situs change.org yang meminta Budi Arie agar mundur dari jabatannya.

Wapres pun menegaskan bahwa urusan penggantian menteri merupakan hak prerogatif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Saya kira urusan ganti mengganti itu urusan Presiden,” katanya usai Resmikan Gedung YPS Asy Syadzili, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (28/6/2024).

Meski begitu, Wapres mengatakan bahwa saat ini pemerintah masih terus mendalami penyebab PDN bisa dijebol. Dia memastikan pemerintah akan memulihkan terlebih dulu data yang diserang Ransomware Brain Cipher Lockbit 3.0 itu.

“Tetapi bahwa persoalan ini kita harus kita dalami. Pertama kita pulihkan dulu kan situasinya, baru kita cari sebabnya siapa yang harus disalahkan itu nanti, nanti. Mengenai ganti Menteri itu urusannya hak prerogatif Presiden,” paparnya.

Topik Menarik