Jenderal Kesayangan Soekarno yang Tewas Dibunuh saat G30SPKI

Jenderal Kesayangan Soekarno yang Tewas Dibunuh saat G30SPKI

Nasional | okezone | Kamis, 6 Juni 2024 - 05:50
share

JAKARTA - Ini sosok Jenderal kesayangan Presiden Soekarno jadi korban keganasan G30SPKI. Pasalnya, selama perjuangannya, tokoh yang kerap disapa Bung Karno ini memiliki kedekatan dengan beberapa jenderal.

Jenderal-jenderal tersebut diberi kepercayaan oleh Bung Karno untuk melakukan tugas kemiliteran.

Salah satunya adalah Jenderal Ahmad Yani. Dia menjadi salah satu jenderal yang diberi kepercayaan mengurus beberapa hal kemiliteran oleh Soekarno. Dia merupakan salah satu tokoh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30SPKI) tahun 1965 silam.

Berikut ini sosok jenderal kesayangan Presiden Soekarno:

Ahmad Yani lahir 19 Juni 1922 di Jenar, Purworejo. Pada masa pendudukan Jepang, dia mengikuti pendidikan Heiho di Magelang serta pendidikan tentara pada Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.

Yani menjadi satu-satunya Kepala Staf Angkatan Darat yang ditunjuk oleh Soekarno. Jabatan Kepala Staf itu diberikan kepada Yani pada tahun 1962 yang menggantikan posisi AH Nasution.

Secara otomatis, Yani melangkahi para jenderal senior seperti Mayjen Soeharto, Letjen R Soedirman, dan Mayjen Soeprajogi. Cara pendekatan dan pergaulan yang dilakukan Ahmad Yani sangat dihargai oleh Soekarno, sehingga ia memiliki kedekatan dengan sang Presiden. Ahmad Yani memiliki perilaku berbudi-bahasa dan lebih memahami karakter high profile ala Soekarno.

Topik Menarik