Contoh Kegiatan Safari Ramadhan dan Tujuannya, Cocok Dijadikan Referensi

Contoh Kegiatan Safari Ramadhan dan Tujuannya, Cocok Dijadikan Referensi

Nasional | inewsid | Kamis, 7 April 2022 - 15:06
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh kegiatan safari Ramadhan dan tujuannya harus diketahui setiap umat Muslim sebagai referensi. Ada apa saja? Ini contohnya.

Apa Itu Kegiatan Safari?

Melansir buku \'Penanaman Religious Culture (Budaya Religius) di Lingkungan Madrasah, karya Harits Azmi Zanki, safari ramadhan adalah kegiatan di bulan Ramadhan yang merupakan ajang silaturahmi dengan sesama Muslim.

Biasanya, contoh kegiatan safari Ramadhan dan tujuan diawali dengan buka puasa bersama. Kemudian, dilanjutkan dengan salat tarawih bersama dan diikuti dengan kegiatan ceramah.

Menurut Alamsyah dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu, tujuan safari Ramadhan adalah para siswa dapat membagi ilmu mereka kepada masyarakat. Jadi, safari Ramadhan memiliki tujuan sosial selama bulan suci puasa.

Contoh Kegiatan Safari Ramadhan dan Tujuannya

Contoh kegiatan di bulan Ramadhan yang bisa dijadikan safari Ramadhan adalah buka puasa bersama atau bukber. Kegiatan ini tak hanya sekadar makan-makan karena ada silaturahmi yang bisa semakin erat dijalin.

Berbagi takjil bisa menjadi kegiatan bulan Ramadhan untuk anak. Dalam ide kegiatan sosial di bulan Ramadhan ini, kita sebagai orang dewasa bisa mengajarkan pentingnya berbagi kepada si kecil sehingga menumbuhkan rasa empatinya.

Kegiatan Ramadhan kreatif di sekolah yang bisa dilakukan adalah kajian bersama. Kajian bersama juga bisa menjadi kegiatan Ramadhan kreatif karena dilakukan secara hybrid atau daring dan luring demi mencegah penyebaran virus corona di masa pandemi.

Contoh kegiatan safari Ramadhan dan tujuannya terakhir adalah tarawih. Ibadah sunnah yang sangat dianjurkan ini bisa dilakukan bersama-sama sebagai motivasi dalam menghidupkan malam-malam Ramadhan.

Jangan lupa amalkan semua kegiatan bermanfaat di atas ya!