Panwascam Kalitengah Beri Wawasan Pilkada Pada Pemilih Pemula

Panwascam Kalitengah Beri Wawasan Pilkada Pada Pemilih Pemula

Terkini | lamongan.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 09:40
share

KALITENGAH, iNewsLamongan.id-Panitia pengawas pemilihan Kecamatan Kalitengah, rabu (23/10/2024)  menggelar sosialisasi pemilihan pada pelajar dan pemuda karangtaruna. sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pelajaran terkait pelaksanaan pilkada.

Untuk memberikan pembelajaran kepemiluan pada kalangan gen Z, panitia pengawas pemilihan umum Kecamatan Kalitengah menggelar sosialisasi pemilihan pada puluhan pelajar dan pemuda karangtaruna.

Menurut Mohammad Bashoir, ketua Panwascam Kalitengah, selain meningkatkan pemahaman kepada siswa dan kalangan pemuda terkait pelaksanaan pilkada 27 November mendatang, melalui  sosialisasi ini juga diharapkan pemilih pemilih pemula ikut berkontribusi dalam memberikan hak suaranya untuk memilih calon bupati-wakil bupati serta calon gubernur dan wakil gubernur.

"Berbagai materi disampaikan kepada para peserta, mulai dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses pemilu, undang-undang yang digunakan dalam pilkada, hingga berbagai hal yang kemungkinan terjadi saat pemilu, seperti hoax, politik uang dan politisasi sara." kata Bashoir.

Sementara itu Aditya ahmad, salah satu siswa peserta sosialisasi pemilihan mengaku dengan mengikuti sosialisasi ini, dirinya mendapat ilmu proses demokrasi diindonesia yang selama ini tidak didapatkan disekolah.

"Saya jadi tau lebih banyak tentang pemilu dan tau bagaimana cara memilih." kata Aditya Ahmad siswa SMK Idhotun Nasyiin

Pendidikan politik melalui sosialisasi kepada pemilih pemula juga dimaksudkan agar pemilih pemula mengetahui dan memahami hak dan kewajiban dalam berpolitik untuk memilih pemimpin lima tahun kedepan.

Dari sekitar 1.035.000 daftar pemilih tetap Lamongan, terdapat lebih 200.000 pemilih dari kalangan gen Z.

Topik Menarik