23 Unit Ruko Ludes Terbakar di Kota Bangun Dinihari Tadi, Kerugian Ditaksir Rp5 Miliar

23 Unit Ruko Ludes Terbakar di Kota Bangun Dinihari Tadi, Kerugian Ditaksir Rp5 Miliar

Terkini | kutai.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 06:10
share

KOTA BANGUN, iNewsKutai.id - Sebanyak 23 ruko dan rumah ludes dalam kebakaran di Kota Bangun, Kutai Kartanegara pada Kamis (17/10/2024) dinihari.

Api pertama kali terlihat sekitar pukul 01.45 WITA dari salah satu  ruko di Jalan Ahmad Yani dan merembet ke bangunan lainnnya. Material bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu membuat api membesar dengan cepat.

Saksi mata, Mulyadi (50) mengatakan, api terlihat pertama kali dari arah dapur salah satu ruko. Dia kemudian membangunkan warga dan bersama-sama melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Namun, material bangunan dan kondisi lokasi kejadian merupakan kawasan padat penduduk membuat api sulit dikendalikan dan membesar dengan cepat.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Posko Kota Bangun dibantu relawan bahu membahu berupaya mengendalikan api yang terus merembet. Setelah berjuang sekitar dua jam, Si Jago Merah akhirnya berhasil di lokalisir.

"Total ada 23 bangunan ruko yang terbakar dan lima bangunan terdampak. Tapi untuk jumlah pastinya masih dalam pendataan," jelas Kapolsek Kota Bangun, Iptu Ribut.

 

Diperkirakan, kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan toko sembako, pakaian, warung makan dan penginapan ini mencapai Rp5 miliar.

Terkait pemicu kebakaran, Iptu Ribut mengatakan, api diduga bersumber dari korsleting listrik di salah satu ruko. Namun, untuk penyebab pastinya masih menunggu proses identifikasi.

Polsek Kota Bangun dan Tim Inafis Polres Kukar masih akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mencari sumber api.

Topik Menarik